Saidah Penyandang Disabilitas Sebatang Kara, Mendapat Perhatian Dari Berbagai Pihak.


Palangka Raya, MKNews- - Saidah (25), seorang penyandang disabilitas yang tinggal disebuah barak di jalan RTA. Milono Km 5 Kota Palangka Raya, sudah 21 hari terpaksa hidup sendiri, dikarenakan ibu nya tersandung masalah hukum dan sang ayah yang sudah meninggal dunia sejak 6 tahun yang lalu.

Saidah yang menderita kelumpuhan sejak lahir, beruntung memiliki tetangga baik hati. Selama beberapa minggu kebelakang, untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya para tetangga mau mengurus nya secara bergantian.

Kisah itu pun menjadi viral di Media Sosial facebook setelah akun @Sugie BengkelLas Palangka Raya memposting cerita Saidah.

Mendengar cerita itu, tentu nya menimbulkan keprihatinan banyak pihak. 

Suriansyah Halim, S.H., seorang Advokat muda Palangka Raya pun tergerak untuk ikut membantu. 

Pada hari ini Selasa (04/08/20) di dampingi oleh Agatis Ansyah ketua Lembaga Swadaya Rakyat Laskar Pembela Masyarakat Tertindas (LSR-LPMT) dan Dwi Sugiarto pemilik akun facebook @Sugie BengkelLas Palangka Raya mendatangi Polsek Pahandut guna menyampaikan permohonan pengalihan penahanan JW (53) ibu nya Saidah.

"Surat permohonan pengalihan penahanan JW ibu nya Saidah sudah kami serahkan kepada pihak penyidik Polsek Pahandut, dengan tujuh orang yang menjadi penjamin nya," ucap Halim yang dengan alasan kemanusiaan merasa terpanggil menangani kasus ini tanpa dibayar.

"Saya yakin Dengan alasan kemanusiaan, pihak kepolisian bisa mengabulkan permohonan pengalihan penahanan ibu nya Saidah, karena sejak awal pihak kepolisian juga merasa prihatin dengan kondisi Saidah," tambah Gatis Ketua LSR LPMT Kalteng.

Sementara itu, Habib Said Ismail yang kami temui diruang kerjanya, dimintai tanggapan terkait hal ini. Langsung memanggil Kepala Dinas P3APPKB Prov. Kalteng dr Riyan Tangkudung Menanyakan apa Saidah sudah dapat perhatian dari Dinas nya.

Dijelaskan dr. Rian Tangkudung, kebetulan pihak nya sudah mengetahui "kasus Saidah", pihak nya bersama dinas sosial kota Palangka Raya bersinergi beberapa kali mendatangi Saidah untuk memberikan bantuan.

Menanggapi penjelasan dr. Rian Tangkudung, Habib Ismail mengatakan Pemerintah dalam hal ini sudah hadir membantu masyarakat yang memerlukan bantuan.

Selaku sebagai wakil Gubernur Habib Ismail pun mengapresiasi warga yang peduli kepada tetangga, kawan, ataupun warga dilingkungan nya yang sedang kesusahan.

"Saya mengapresiasi tinggi buat berbagai pihak yang peduli kepada tetangga nya yang sedang kesusahan, ini menandakan masyarakat Kalimantan Tengah punya jiwa sosial yang tinggi. Beri lah bantuan jika ada tetangga kita yang tertimpa musibah, jika dirasa tidak mampu membantu laporkan kepada pemerintah, dinas terkait siap membantu," pungkas Habib Ismail. (Din)