Satu Unit Ambulance Speed Board di Desa Babai Mulai Beroperasi..

www.mediakaltengnews.com -Barito Selatan- Satu unit Speed Board telah berhasil dibeli dari Dana Desa dan menjadi milik Desa Babai, Kecamatan Karau Kuala, Kabupten Barito Selatan, Senin (24/08/2020).

Kepala Desa Babai, H. Sunarto mengatakan, tercapainya pembelian Speed Board bermesin 200 pk itu, sebelumnya telah pihaknya anggarkan bersama BPD-nya dari dana desa tahun 2020, untuk dijadikan Ambulance.

Ambulance berupa Speed Board ini juga katanya, digunakan untuk keperluan emergency. kalau ada masyarakat yang memerlukan rujukan, seperti sakit, mau melahirkan, dan di gunakan untuk mengangkut jenazah. 

“Alhamdulillah ambulance ini sudah beroperasi dari awal bulan pebruari tahun 2020”, ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, salah satu tokoh masyarakat desa setempat saat media ini konfirmasikan, Durahman menyampaikan, Sebelum keberadaan speed board ambulance desa babai ini, biasanya warga masyarakat desa babai yang mendapat rujukan dari dokter setempat,  menggunakan kelotok bermesin DONGFENG DIESEL, dengan jarak tempuh 2 sampai 3 jam dari desa babai menuju Kota Buntok.

“Dengan adanya Ambulance speed board ini, sangat membantu mempersingkat waktunya”, ujarnya.

Menurutnya, Pasien rujukan lebih cepat tertangani di RS JARAGA SASAMEH Buntok. namun ia sampaikan pula, ada yang lebih diperhatikan oleh pengelola Ambulance speed board ini, masalah biaya perawatan yabg tidak murah, pasalnya tiap kali melakukan perbaikan onderdil mesin, biayanya  rata - rata di atas jutaan rupiah. oleh karena itu, ia menyarankan agar ambulance speed board tersebut hanya dikhususkan untuk membawa pasien, tidak digunakan untuk keperluan yang lain hal. (Jai-Red*)