SUKSESKAN TMMD REGULER KE-109, TNI GANDENG DINSOS LAKSANAKAN PENYULUHAN BAHAYA NARKOBA


Tamiang layang MKNews Komandan Kodim (Dandim) 1012/Buntok Letkol (Inf) Dwi Tantomo menggandeng Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Barito Timur (Bartim) untuk mengingatkan warga Desa Sibung, Kecamatan Raren Batuah khususnya kaum muda agar menghindarkan diri dari bahaya narkoba.

“Kita melaksanakan kegiatan penyuluhan bahaya narkoba dalam rangka TMMD Reguler ke-109. Tujuannya agar para aparatur desa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda maupun tokoh agama disana untuk mengingat pemuda di Desa Sibung tentang bahaya narkoba,” kata Dwi Tantomo di Tamiang Layang, Kamis (24/09/2020).

Dijelaskannya, salah satu kegiatan non fisik dalam rangka meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara di kalangan masyarakat adalah melalui penyuluhan. Utamanya, untuk mencerahkan tentang dampak-dampak negatif narkoba.

“Penyuluhan itu sebagai gerakan peningkatan kesadaran sosial dan masyarakat, untuk peduli terhadap dampak negatif narkoba bagi masa depan kaum muda pasalnya, merekalah yang digadangkan sebagai generasi penerus pembangunan bangsa dan negara kedepan,” timpalnya.

Sementara itu Kepala Dinsos Bartim, Riza Rahmadi mengatakan, materi yang disampaikan narasumber dari pada sosialisasi ini diantaranya pengertian narkotika dan jenis-jenis narkotika.

“Kami mengajak, menghimbau seluruh komponen bangsa, masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat khususnya di Desa Sibung dan sekitarnya untuk berperan aktif memerangi narkoba dengan tidak menggunakan narkoba. Selain itu, aktif memberikan informasi kepada aparat penegak hukum apabila melihat, menemukan transaksi pembelian dan penjualan narkoba di lingkungan masing-masing,” kata Riza.

Diharapkan aparat desa dan tokoh masyarakat, juga aktif memberikan informasi kepada pemuda, remaja, anak-anak sekolah di Desa Sibung dan sekitarnya untuk menghindari narkoba. Pasalnya, itu bisa merusak kesehatan dan jiwa serta bisa terpidana sesuai Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

” Saya juga berharap bagi masyarakat yang ikut dalam kegiatan penyuluhan, bisa menyampaikan kepada warga lainnya, tentang bahaya narkotika,” tandasnya.