Riska Dimandikan Dan Dielus-elus Ambo Tiap Hari.


Bontang - MKNews-Buaya sepanjang 4 meter bernama Riska rupanya memiliki hubungan yang tak biasa dengan Ambo, warga Muara Sungai Guntung, Bontang, Kalimantan Timur.

Pria yang akrab disapa Pak Ambo itu bahkan memberi sendiri nama 'Riska' dan menganggap buaya tersebut sebagai anaknya.

"Saya anggap sebagai anak sendiri," kata Pak Ambo.

Pak Ambo berkilas balik mengenai pertemuannya dengan Riska. Sekitar 23 tahun yang lalu, Riska yang ketika itu masih berukuran sekitar 1 meter mengikuti perahu Ambo. Pria kelahiran tahun 1964 ini akhirnya merawat dan memberi makan hingga sekarang panjangnya mencapai empat meter.

Sejak kali pertama bertemu Riska, Pak Ambo telah merasa memiliki ikatan batin dengan buaya tersebut. Tak seperti hewan buas lainnya, Riska malah terkesan jinak dan akrab dengan dirinya. Hal itu yang membuat Pak Ambo menganggap buaya itu sebagai anaknya dan kerap memberinya pakan.

"Saya juga bingung kenapa kami begitu dekat. Tapi menurut kami, orang Sulawesi pasti ada hubungan keluarga kami dengan buaya. Kenapa dia jadi jinak begini," kata dia.

Bahkan, kata Ambo, seperti anaknya sendiri, Riska selalu kembali jika ia panggil. 23 tahun merawat buaya tersebut, Ambo menuturkan tak pernah diserang. Itulah yang membuatnya semakin menyayangi Riska dan rutin memberinya makanan hingga Riska tumbuh besar.

"Sayang banget karena dari kecil kupelihara, Sering saya elus-elus. Kumandikan, ku gosok bagian belakangnya," kata Ambo. (ii