Komonikasi Sosial Mampu Mencegah dan Menangkal Radikalisme


PALANGKA RAYA  -MkNews-Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, hadiri acara Komonikasi sosial cegah tangkal Radikalisme dan Separatisme, dengan Tema Meneguhkan Toleransi Mencagah Radikalisme dan Separatisme, di Aula Makorem 102/Pjg di Jalan Imam Bonjol no.5 Kota Palangka Raya, Jumat 9 April 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto memberikan sambutanya bahwa pertemuan ini merupakan sarana efektif untuk memelihara, dan meningkatkan kebersamaan guna membangun komunikasi dialogis diantara kita. Sehingga dapat diperoleh kesamaan pandang dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi, sehingga akan terpelihara keharmonisan dan sinergitas.

"Ikatan kebersamaan seperti ini, perlu kita tumbuh suburkan untuk memupuk rasa  persatuan dan kesatuan yang sangat diperlukan guna menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Perkembangan situasi nasional, global dan internasional telah membawa dampak meningkatnya paham Radikal diwilayah Indonesia," ucapnya.

Selain itu komunikasi sosial ini, dilaksanakan untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh komponen bangsa, dalam rangka terwujudnya saling pengertian dan pemahaman tentang peran, fungsi dan tugas masing-masing. Selain itu diharapkan komunikasi ini mampu, mewujudkan suatu kemampuan komponen bangsa, dalam ikut mengantisipasi dan mencegah terhadap muncul dan masuknya paham Radikalisme dan Separatisme dalam perkembangan kondisi sosial yang pesat.

Selain itu, dalam mengoptimalkan kegiatan pembinaan komunikasi sosial untuk mencegah Radikalisme dan Separatisme, harus dengan peran dan fungsi dalam organisasi, maupun institusi Pemerintah dan lainnya, yang berada diwilayah masing-masing.

Oleh sebab itu perlu disusun derektif tentang pembinaan komunikasi sosial, untuk cegah tangkal Radikalisme dan Separatisme bagi komponen bangsa, utamanya komponen masyarakat yang meliputi tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh budaya serta para mahasiswa atau cedikiawan diwilayah Kalimantan Tengah, dan jajaran Korem 102/Pjg, dengan harapan melalui kegiatan tersebut dapat diperoleh hasil yang optimal sesuai tujuan dan sasaran yang telah ditentukan.

Komentar