Kebijakan Ekonomi, dan Penerapan Protokol Kesehatan Mampu Menopang Kinerja UMKM di Tengah Pandemi

PALANGKA RAYA - MkNews-Kepala Staf Korem (Kasrem)102/Pjg Kolonel Czi Wakhyono menghadiri Festival UMKM dan Pariwisata Digital dengan tema Pesona Bumi Tambun Bungai, yang dilaksanakan di Aula Jayang Tingang kantor gubernur, Kamis 24 Juni 2021.

Dalam kesempatan itu Plt Sekda Kalteng Nuryakin membacakan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Provinsi Kalimantan Kalimantan Tengah merupakan Provinsi terluas ke dua di Indonesia setelah Provinsi Papua, dengan luas kurang lebih satu setengah dari Pulau Jawa atau 153.564 Km² (kurang lebih 15,4 Juta Hektar) yang terdiri dari 13 Kabupaten dan 1 Kota, 136 Kecamatan, 139 Kelurahan dan 1.432 Desa, dengan jumlah penduduk 2,67 Juta Jiwa atau dengan sebaran 17 jiwa per kilo meter persegi.

"Jumlah UMKM Kalimantan Tengah per 1 Juni 2021 adalah sebanyak 64.087 unit, yang terdiri dari usaha menengah sebanyak 309 unit, usaha kecil sebanyak 3.363 unit dan usaha mikro sebanyak 60.415 unit. Jumlah UMKM ini mengalami kenaikan yang sangat signifikan semenjak munculnya wabah pandemi Covid-19, yang jumlah semula per Desember Tahun 2019 berjumlah 40.568 UMKM," ucapnya.

Hal ini menunjukkan bahwa kebijakan ekonomi, dan penerapan protokol kesehatan yang selama ini dikeluarkan oleh pemerintah daerah, sinergi, dan dukungan dari stakeholder Daerah, mampu menopang kinerja UMKM di tengah terpaan krisis dan memberikan kepastian dalam berusaha. Selain itu, dapat kami sampaikan bahwa sektor UMKM merupakan usaha yang sangat diminati oleh sebagian besar masyarakat di Kalimantan Tengah ditengah pandemi Covid-19.

"Sebaran pelaku UMKM juga berada di tempat wisata yang ada di Kalimantan Tengah, keterkaitan ini tidak mungkin terpisahkan, bahwa keberadaan UMKM merupakan faktor pendukung untuk kemajuan Wilayah wisata dan sekitarnya," pungkasnya.

Dalam hal ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, bersama dengan Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah terus berupaya mendukung UMKM agar mereka tidak saja bertahan tapi juga bangkit menjadi lebih kuat dan berinovasi untuk menggeliatkan kembali bisnis UMKM dengan penyelenggaraan berbagai kegiatan ekonomi kreatif, salah satunya mempromosikan produk lokal juga destinasi wisata bersama dengan pelaku UMKM disekitarnya.

"Kita berharap dengan adanya Website UMKM dan Pariwisata Digital Kalteng ini akan mempermudah pelaku UMKM terus mengembangkan usaha dan bisnisnya agar pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah menjadi terus meningkat sehingga kesejahteraan masyarakat terwujud sebagai salah satu upaya menuju Kalimantan Tengah Semakin BERKAH," tandasnya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url