Kegiatan TMMD ke 111 Kodim 1013/Mtw, Membantu Masyarakat Mempermudah Akses Jalan

PALANGKA RAYA - MkNews-Salah satu bentuk kepedulian TNI Angkatan Darat, ialah turut serta dalam percepatan, dan pelaksanaan pembangunan daerah, khususnya percepatan perkembangan daerah pedesaan. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan perekonomian, dan kesejahteraan masyarakat.

TNI AD melalui Kodim 1013/Mtw bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Utara (Barut), pada tanggal 15 Juni 2021 telah menggelar program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 111 tahun 2021, yang berlokasi di Desa Karamuan, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), minggu 10 Juli 2021.

Saat di temui awak media Kepala Penerangan Korem (Kapenrem)  102/Pjg Mayor Inf Mukalil  menyampaikan  "Program TMMD ke 111 di Wilayah Kodim 1013/Mtw akan menyelesaikan beberapa sasaran Fisik, dan Non fisik. Untuk sasaran Fisik berupa, Pembukaan jalan baru Desa Karamuan sepanjang 13.000 meter, pembangunan satu unit poskamling, pembangunan satu unit tower air dan perehaban Balai Basarah di Desa Karamuan. Sedangkan sasaran Non fisik berupa, penyuluhan kesehatan tentang pencegahan penyebaran Covid-19, penyuluhan tentang hukum dan bahaya narkoba, penyuluhan tentang wawasan kebangsaan dan bela Negara, penyuluhan tentang KB dan pelayanan kesehatan gratis, sosialisasi tentang stunting, sosialisasi tentang Posyandu dan Posbindu PTM, penyuluhan tentang penanggulangan bencana alam dan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), penyuluhan tentang bahaya radikalisme dan terorisme, serta penyuluhan tentang pertanian dan sosialisasi tentang rekrutmen prajurit" ungkapnya. 

Lebih lanjut Kapenrem berharap  apa yang telah di kerjakan oleh Satuan Tugas (Satgas)  TMMD ke 111 tahun 2021 di wilayah Kodim 1013/Mtw nantinya agar dirawat dan dipelihara dengan baik sehingga  dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan warga Masyarakat Desa Karamuan, ungkap Mayor Inf Mukalil. 

Selain itu diselenggarakannya kegiatan TMMD ke 111 di wilayah Kabupaten Barut banyak mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan, baik dari pihak Pemerintah Daerah, maupun dari Warga masyarakat setempat. 

Seperti yang disampaikan Bupati Barito Utara H. Nadalsyah saat membuka kegiatan TMMD ke 111 di wilayah Kodim 1013/Mtw, "Terpilihnya Desa Karamuan sebagai sasaran utama pelaksanaan TMMD ke 111 wilayah Kodim 1013/Mtw, adalah merupakan sebuah kebanggaan khususnya Pemerintah Daerah, dan seluruh warga masyarakat Barito Utara, kegiatan TMMD ini sangat membantu Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan, terimakasih TNI AD semoga kegiatan TMMD bisa terus berlanjut di wilayah Kabupaten Barito Utara," Ucapnya. 

Sementara itu Camat Lahei Barat Bapak Adi Suwarman saat meninjau sasaran pembuatan Jalan masuk Desa Karamuan mengatakan, "Pihaknya sangat mengapresiasi, dan mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI AD khususnya Kodim 1013/Mtw yang telah melaksanakan kegiatan pembuatan jalan di Desa Karamuan sepanjang lebih dari 13.000 meter, termasuk di wilayah Kecamatan Lahei Barat. Saya berharap  dengan dengan selesainya pembuatan jalan ini, dapat mempermudah akses transportasi dari Kota ke Kabupaten, sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Karamuan, akan meningkat," tandasnya.

Selain itu Kepala Desa Karamuan Bapak Sishankamrata saat di lapangan mengatakan, "Pembangunan Infrastruktur yang dilakukan oleh Satuan Tugas TMMD ke 111 Kodim 1013/Mtw, di Desa Karamuan sangat membantu masyarakat kami, terlebih lagi dibangunnya jalan Desa Karamuan sepanjang lebih dari 13.000 meter, itu sangat membantu masyarakat, sehingga yang tadinya apabila mau ke kota kami melewati jalur sungai, namun setelah dibangunya jalan tersebut oleh Bapak-bapak TNI, maka kami bisa melalui jalur darat," ungkapnya.

Selain itu Damang Lahei Bapak Gimi menyampaikan dirinya secara pribadi, dan sebagai tokoh masyarakat di Lahei barat sangat mengapresiasi kegiatan TMMD ke 111 di wilayah Kodim 1013/Mtw. Dirinya berharap untuk warga masyarakat, agar dapat berperan aktif untuk membantu Bapak-bapak TNI, untuk menyelesaikan pengerjaan jalan, dan sebagainya agar dapat selesai, dan segera bisa kita gunakan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url