Tanpa Papan Proyek, Transparansi Penggunaan DAK Bidang Pendidikan Pada Pembangunan Di SDN 1 Pulau Telo Dipertanyakan.

KUALA KAPUAS, MKNews - Pekerjaan pembangunan pada Sekolah SDN 1 Pulau Telo, Desa Pulau Telo Baru, Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas, dipertanyakan Warga sekitar karena tidak adanya papan proyek di lokasi pekerjaan. 

Hal itu mendapat pertanyaan dari warga sekitar berinisial GN. Ia menjelaskan jika pelaksana pekerjaan berasal dari luar wilayah atau bukan warga setempat. Hanya ada beberapa orang pekerja bangunan yang berasal dari Desa setempat. 

Sepengetahuan GN, bangunan tersebut adalah bangunan tambahan untuk ruang komputer namun jumlah anggaran biaya tidak diketahui karena tidak adanya papan informasi terkait proyek. 

"Kami tidak tahu nilai pekerjaan itu karena tidak ada papan informasi yang jelas," ujar GN saat diwawancarai media ini 27 Juli 2021. 

Saat media ini mencoba mengkonfirmasi kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat, namun tidak berhasil mendapatkan respon karena nomor WA wartawan media ini diduga di blokir. 

Demikian juga dengan Kepala Bidang Sekolah Dasar, Fran Yulian saat dikonfirmasi, namun dengan kondisi yang sama tidak berhasil dihubungi. 

Informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, seseorang yang tidak mau menyebutkan nama kepada media ini tidak mau berkomentar banyak saat ditanya terkait pekerjaan tersebut. Ia hanya menjelaskan jika keberadaannya di lokasi pekerjaan hanya sebatas memenuhi atau melengkapi bahan material yang diperlukan oleh para pekerja. 

"Saya disini hanya mengecek keperluan bahan bangunan yang kurang," jelasnya singkat kepada media ini dan seperti terburu-buru pergi meninggalkan lokasi pekerjaan. (Heri)

Komentar