Pelaksanaan Vaksinasi Oleh Pemerintah Gratis Tanpa Syarat

PALANGKA RAYA - MkNews. Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah menyampaikan melalui Satgas Covid Pusat bahwa Pelaksanaan vaksin COVID-19 oleh pemerintah adalah gratis untuk masyarakat umum. 

Adapun pelaksanaan Vaksin Gotong Royong sendiri tidak memungut biaya pada peserta, namun difasilitasi dan dibiayai oleh perusahaan atau badan hukum yang menyelenggarakannya. Tidak ada pembayaran yang dilakukan untuk mendapatkan vaksin COVID-19. Jika menemukan pungutan liar, segera buat aduan ke: 021-1500567 atau melalui email ke pengaduan.itjen@kemkes.go.id

Pemerintah juga terus menyampaikan dan menghimbau masyarakat agar selain dilakukan vaksinasi, penerapan protokol kesehatan menjadi kebiasaan hidup sebagai tuntutan dalam penanggulangan pandemi Covid-19. 

Sebagian masyarakat telah patuh protokol kesehatan, namun masih saja ada sebagian lainnya yang kurang memiliki kesadaran untuk menerapkan prinsip 4M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Perilaku sehat 4M menjadi upaya pencegahan yang sangat penting. Melalui strategi pencegahan Covid-19 oleh Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah Bidang Perubahan Perilaku difokuskan pada peningkatan kepatuhan 4M.Setiap orang harus mau dan mampu melakukan perubahan perilaku kepatuhan 4M sehingga dapat mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Disampaikan bahwa jumlah akumulasi data sampai dengan hari ini Selasa, 31 Agustus 2021, pasien konfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Tengah bertambah sebanyak 152 orang dengan total kasus mencapai 44162 orang. Penambahan pasien dinyatakan sembuh sebanyak 297 orang dengan total kasus mencapai 39959 orang. Dan pasien dinyatakan meninggal dunia ada penambahan sebanyak 2 orang sehingga total menjadi 1496 orang atau dengan tingkat kematian Case Fatality Rate (CFR) 3,4 persen.

Data ini menunjukkan kepada kita semua bahwa sejak tanggal 12 Maret 2020 dimana kasus pertama kali yang terkonfirmasi positif Covid-19 sampai dengan saat ini, penambahan kasus konfirmasi baru selalu terjadi setiap hari di Kalimantan Tengah. Hal ini berpotensi terus terjadi jika masyarakat tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari. 

Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah mengharapkan kepada seluruh masyarakat Kalimantan Tengah melihat kenyataan penyebaran Covid-19, dan tidak ada lagi yang berpikir bahwa ini merupakan sebuah konspirasi dan meminta dukungan seluruh elemen masyarakat untuk terus mensosialisasikan ancaman Covid-19 sehingga seluruh masyarakat dapat menyadari ancaman Covid-19 dan secara sadar disiplin menerapkan protokol kesehatan sebagai suatu bentuk adaptasi kebiasaan baru dalam aktivitas sehari-hari.
 

Komentar