Pimpin Apel Besar, Gubernur Minta ASN Tingkatkan Kinerja dan Kedisiplinan

PALANGKA RAYA-mediakaltengnews.com.- Mengawali hari pertama masuk kerja setelah libur Tahun Baru 2022, Aparatur Sipil Negara (ASN) dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengikuti Apel Besar di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Senin (3/1/2022). Gubernur Sugianto Sabran bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Apel Besar kali ini.

Mengawali sambutannya, Gubernur Sugianto menyampaikan rasa syukurnya atas capaian yang telah diraih Pemprov Kalteng sepanjang tahun 2021, termasuk dapat melewati tantangan besar yaitu pandemi Covid-19, sehingga sebagian besar program pembangunan terfokus untuk menangani hal tersebut.

Dikatakan Gubernur, Pemerintah telah memperpanjang status pandemi Covid-19 yang ditetapkan melalui Keppres Nomor 24 Tahun 2021 tentang Penetapan Status Faktual Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia. Perpanjangan status pandemi dilakukan karena Covid-19 yang merupakan Global Pandemic secara faktual masih terjadi dan belum berakhir di Indonesia.

"Untuk itu, saya minta kepada seluruh jajaran Perangkat Daerah untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat dan menuntaskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kalimantan Tengah," pinta Gubernur.

Selanjutnya, Gubernur menyampaikan bahwa dari sisi indikator makro pembangunan Provinsi Kalteng, capaian tahun 2021 untuk pertumbuhan ekonomi adalah sebesar 3,57% pada Triwulan III Tahun 2021 dibandingkan Triwulan III Tahun 2020. Sementara persentase penduduk miskin sebesar 5,16%;              Tingkat Pengangguran Terbuka sebesar 4,53%; Gini Ratio sebesar 0,323; dan Indeks Pembangunan Manusia sebesar 71,25.

"Ke depan, capaian indikator makro tersebut harus kita tingkatkan dalam rangka keberpihakan pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Kita juga patut berbangga dan bersyukur kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa bahwa di masa pandemi Covid-19, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Kalimantan Tengah di masa kepemimpinan kami mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun        ke tahun, jauh melampaui target RPJMD pertumbuhan rata-rata 5% dengan capaian realisasi PAD per 27 Desember 2021 sebesar Rp 1,707 triliun atau 14,9%," paparnya.

Gubernur pun meminta agar hal ini dipertahankan dan ditingkatkan dengan terobosan-terobosan dan inovasi, mengingat di masa pandemi Covid-19 dana transfer dari pusat ke daerah cenderung terjadi pengurangan, sehingga PAD menjadi satu-satunya sumber pembiayaan pembangunan.

Gubernur berharap Tahun Baru 2022 ini menjadi awal dari semangat baru untuk bangkit menuju Kalteng Makin BERKAH sebagaimana tercantum dalam RPJMD 2021-2026. Gubernur juga mengimbau seluruh jajaran Perangkat Daerah Provinsi Kalteng untuk mengambil langkah-langkah strategis percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022 sesuai tugas, fungsi, dan kewenangannya serta selaras dengan Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur.

Mengakhiri sambutannya, Gubernur mengimbau seluruh ASN untuk tetap menjaga kedisiplinan, baik dalam hal kehadiran maupun kebersihan lingkungan kerja masing-masing. Hasil Sidak menunjukkan kedisiplinan ASN masih perlu ditingkatkan, terlebih Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diharapkan dapat memberikan contoh bagi Tenaga Kontrak yang saat ini sedang dalam proses evaluasi.

Apel Besar hari ini dilanjutkan dengan penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dari Gubernur kepada Kepala Satuan Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Kalteng bertempat di Aula Jayang Tingang, lantai 2 Kantor Gubernur Kalteng.(red*)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url