Sertijab Kepala Sekolah, Lingkup Dinas Pendidikan Barito Utara Tahun 2023

BARITO UTARA, MKNews-Berdasrkan Permendikbud No. 40 tahun 2021 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, kemudian menindaklanjuti pelantikan Kepala Sekolah dan pengawas oleh Bupati Barito Utara H. Nadalsyah pada tanggal 3 April 2023 lalu, Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara (Barut) melaksanakan serah terima jabatan (Sertijab) di Aula Disdik setempat, Selasa 02/05/2023 pagi.

Serah terima jabatan dan pengawas dihadiri oleh Kadis Pendidikan Kabupaten Barito Utara Syahmiludin A Surapati, Kepala BKPSDM beserta Sekretaris, Sekdis Pendidikan, para Kabid lingkup Disdik, Korwas dan pengawas SMP, Korwil dan pengawas Pendidikan Kecamatan, diikuti 28 orang yang di Sertijab serta tamu undangan lainnya.

Adapun proses serah terima jabatan (Sertijab) yang dilaksanakan ini agak terlambat, karena Kepala Sekolah baru pasca libur sekolah sejak awal Ramadhan. Dan Alhamdulillah pada hari ini baru bisa kita laksanakan serah terima jabatan Kepala Sekolah, pengawas dan guru," Kata Kadis Pendidikan Syahmiludin A Surapati.

Selanjutnya Kepala Dinas Pendidikan mengingatkan Kepala Sekolah untuk kegiatan serah terima jabatan yang dilaksanakan ini adalah bagian dari tahapan seremonial menandai berpindah tugas dan tanggung jawab dari pejabat lama ke pejabat yang baru, maupun bagi mereka yang dipercayakan kembali sebagai kepala sekolah.

"Apa yang kita laksanakan pada hari ini, kalau kita kilas balik ke belakang hampir satu bulan lamanya namun untuk legalitas SK secara terinci pada pelantikan 3 April 2023. Hal itu yang menjadi perhatian kita semua. Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pejabat lama atas dedikasi dan pengabdiannya selama menjabat," kata dia.

Dan pihaknya akan mengevaluasi kinerja pejabat baru, sejauh mana kita dalam melaksanakan tugas yang diamanatkan tersebut. Dan tentunya kalau kita di lingkup Dinas Pendidikan akan melibatkan berbagai pihak sesuai dengan tupoksinya seperti pengawas, kordinator wilayah (korwil) pendidikan dan Korwil kecamatan serta masyarakat dan juga pada pertimbangan jabatan dan kepangkatan yang ada di Disdik.

"Ini yang terus kita lakukan nantinya dengan mengacu pada mutu dari masing-masing kepala sekolah yang akan dinilai kemudian dilaksanakan evaluasi. Tujuannya adalah untuk memastikan amanah dan jabatan yang diberikan tersebut bisa memberikan motivasi dan semangat untuk mewujudkan keberhasilan di daerah ini, sesuai apa yang menjadi program dari Pemkab Barito Utara," terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Barito Utara (Barut), Hj. Sri Hartati mengatakan bahwa dalam pengangkatan Kepala Sekolah di daerah ini, pihaknya terlebih dahulu melakukan penggodokan terhadap calon Kepala Sekolah. Adapun Kepala Sekolah yang diangkat ini harus semuanya sudah memenuhi persyaratan," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Barito Utara," Hj. Sri Hartati. (Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url