Wagub Edy Pratowo Panen Perdana Padi di Kawasan Food Estate Barsel


BARSEL - MKNews- Sebagai salah satu bentuk ikhtiar dalam pengendalian inflasi sekaligus menciptakan ketahanan pangan di Kalimantan Tengah (Kalteng), Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) berupaya meningkatkan produksi beras, khususnya di kawasan sentra pengembangan padi.

Terkait hal itu, Wakil Gubernur (Wagub) Edy Pratowo l, didampingi sejumlah pejabat terkait, melakukan kegiatan Panen Perdana Padi Varietas Nutrizink, Situbagendit, Inpari 42, dan Inpari 43 di Desa Damparan, Kecamatan Dusun Hilir, Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Selasa (12/9/2023).

Sebagaimana diketahui, Desa Damparan merupakan bagian dari kawasan sentra Food Estate Provinsi Kalteng. Sedangkan Varietas Nutrizink, Situbagendit, Inpari 42, dan Inpari 43 sendiri, merupakan varietas unggul, dengan produktivitas cukup tinggi, yakni 6,4 ton/ha.

Wagub berharap produksi padi di kawasan Food Estate Barsel ini dapat mendukung ketahanan pangan sekaligus membantu mengendalikan inflasi di Kalteng. "Stok beras di Kalimantan Tengah masih aman, tapi beras merupakan salah satu komoditas penyumbang inflasi di Kalimantan Tengah," ujar Wagub mengingatkan.

Atas nama Pemprov Kalteng, Wagub pun menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemkab Barsel yang telah membangun dan mengembangkan kawasan sentra padi dengan luas sekitar 195 hektare (ha). Luasan ini melebihi target yang ditetapkan Gubernur Kalteng seluas 100 ha per kabupaten.

Lebih lanjut, dalam sesi wawancara, Wagub berharap ke depan produksi padi dapat lebih dimaksimalkan dengan 2 kali panen dalam setahun. "Ke depan bagaimana kolaborasi Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten agar bisa panen 2 kali dalam setahun, musim tanam April dan panen September, kemudian tanam Oktober dan panen Maret," jelasnya.

"Sehingga bisa memaksimalkan potensi yang ada di sini untuk menyumbangkan sektor pertanian, dalam hal ini padinya. AKemudian, terus meningkatkan intensifikasinya, meningkatkan hasil produksi dan luasan lahannya," imbuh Wagub Edy Pratowo.

Sementara itu, Pj. Bupati Barsel Deddy Winarwan melaporkan bahea luasan lahan pertanian di Desa Damparan mencapai 444,81 ha, dengan target panen padi pada September tahun ini di lahan seluas 200 ha dan telah siap panen di lahan seluas 197 ha.

Hadir pula pada kegiatan hari ini, antara lain Mewakili Ketua DPRD Provinsi Kalteng, Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Suhaimi, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sri Widanarni, Kepala Dinas TPHP Provinsi Kalteng Sunarti, serta jajaran Pemkab Barsel. (***)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url