Pemukiman lahan matang laka kuala pembuang Seruyan terbakar

Kuala-Pembuang-MKNews-Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di wilayah pemukiman matang laka dan mengepung permukiman rumah warga dan sekitarnya, di kuala pembuang kecamatan seruyan hilir kabupaten seruyan.

Kepala dinas Damkar Sri Susanti dan kabid Damkar Nurhadian,melalui kasi pemadaman dan kebakaran (Damkar) Nanang Kosim,mengatakan pihaknya mendapatkan informasi dari masyarkat adanya kebakaran hutan dan lahan ini sekitar pukul 09-00 WIB, pagi. 

Untuk memadamkan kobaran api itu kasi Damkar Nanang Kosim, menerjunkan 2 regu pemadam kebakaran,dengan jumlah personel 30 orang, dari Damkar yang piket sebanyak 15 orang dan dibantu yang siaga15 orang.ujar nya. 
"Sekarang ada beberapa titik kebakaran diseputaran pemukiman matang laka, dan rumah warga" katanya saat di wawancarai media ini di lokasi memadamkan api kebakaran senin (16/10/2023) 

"Kebetulan di daerah ini juga ada perkampungan sehingga tim sedang melakukan evakuasi agak kesulitan terutama kendala yang utama adalah sulitnya mendapatkan mata Air, dan ditambah lagi angin sangat kencang,lanjut Anang. 

Ia menuturkan petugas sudah bersiaga berjibaku dan melakukan pengendalian di sekitar perkampungan untuk mencegah terjadinya kebakaran yang meluas.

"Kawan-kawan sudah melakukan kegiatan untuk pengendalian di sana, dua regu diterjunkan dan beberapa mesin, juga diturunkan.

dan untuk armada 4 unit mobil pemadam kebakaran sudah diterjunkan,untuk penanggulangan kebakaran api di sana (perkampungan)," ujarnya.

Nanang kosim,mengaku belum mengetahui pasti luasan wilayah yang terbakar. Namun, untuk lokasi yang terbakar ini lokasi daerah matang laka,kuala pembuang dua kecamatan seruyan hilir",ujarnya.

Kasi Damkar,Nanang kosim juga mengaku belum mengetahui pasti penyebab dari terjadinya kebakaran ini. Namun, kata dia, kebakaran ini karena titik api yang terlalu banyak yang belum terselesaikan hingga akhirnya membuat api menyeberang dan ditambah lagi angin sangat kencang,maka terjadilah kebakaran ini,Kami sampai saat ini belum mendapatkan informasi yang pasti", katanya.

Sementara itu ada beberapa seorang warga sekitar, mengatakan kebakaran lahan tersebut sudah mendekati pemukiman perumahan warga.sejak siang tadi, Sehingga, warga ikut membantu petugas memadamkan api.

"Api mulai mendekati rumah baru siang tadi, awalnya api ada di seberang karena terbawa angin kencang langsung menyebar ke sini. Kami memadamkan api sendiri dengan alat seadanya",ujar salah satu warga waktu saat pemadaman kebakaran lahan. 

"Alhamdulillah, kebakaran hutan dan lahan ,yang mengepung sebagian permukiman rumah warga itu,saat ini sudah bisa kami padam kan",kata Kasi Damkar Nanang kosim.(gan/MKn).
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url