Fordayak Kalteng Sambut Kunjungan Kapolda Kalteng Dan Rombongan di Huma Betang Syaer Sua Bintang Patendu Katingan

Katingan MKNews–  Forum Pemuda Dayak (Fordayak) Kalimantan Tengah bersama tokoh masyarakat dan tokoh adat sambut kunjungan Kapolda Kalteng Irjen Polisi Drs. Anang Revandoko dan rombongan di Huma Betang Syaer Sua Bintang Patendu di Desa Tumbang Manggu, Kecamatan Sanaman Mantikei, Kabupaten Katingan, Kamis (25/04/2019) pukul 12.00 WIB.

Fordayak Kalimantan Tengah adalah organisasi masyarakat yang dibentuk atas inisiasi para pemuda Dayak sebagai garda terdepan meningkatkan martabat masyarakat adat Dayak yang mana kegiatannya untuk menciptakan karakter pemuda yang ada di Kalimantan Tengah yang selalu merawat semangat kebangsaan melalui penerapan Falsafah Huma Betang, sangat menjunjung tinggi perdamaian dan anti kekerasan serta hidup toleransi yang tinggi antar-umat beragama. Huma Betang itu nyata, dan kebhinekaan itu nyata.

Dengan kunjungan Kapolda Kalteng Irjen Polisi Drs. Anang Revandoko dan rombongan di Huma Betang Syaer Sua Bintang Patendu, Fordayak sangat mengapresiasi dan berterima kasih serta menyambut positif karena Kepolisian peduli terhadap cagar budaya adat suku Dayak yang harus dilestarikan.

Dalam sambutannya Sdr. Jimmy mewakili dari Fordayak Kalteng mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan kepedulian Bapak Kapolda Kalteng Irjen Polisi DRs. Anang Revandoko dan rombongan yang sudah berkenan berkunjung ke Huma Betang Syaer Sua Bintang Patendu, karena Falsafah Huma Betang merupakan salah satu falsafah yang dimiliki masyarakat Dayak Kalteng dengan konsep bebas terpimpin yang mana budaya Huma Betang diimplementasikan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, hidup rukun damai berdampingan dengan banyak perbedaan dalam bingkai Bhinika Tunggal Ika.

Irjen Polisi Drs. Anang Revandoko juga megapresiasi organisasi Fordayak, karena organisasi ini mengajak para pemuda di Kalimantan Tengah untuk melestarikan adat dan budaya Dayak dengan falsafah Huma Betang diharapkan organisasi Fordayak ini bisa membangun karakter generasi milenial di Kalimantan Tengah agar lebih kuat dalam mengenal  budaya, adat istiadat dan melestarikannya serta menjalankan filosofi huma betang untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. (red)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url