Dinsos PMD Menggelar Rapat Koordinasi Tim Inovasi (TIK)Ke12019

Muara Teweh, MKNews-Dalam rangka mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa (DD), Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menggelar Rapat Koordinasi Tim Inovasi (TIK) ke-1Tahun 2019. Rapat yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra didampingi Plt. Kadis SosPMD di aula Kecamatan Teweh Tengah, Senin 17/06/2019.

Bupati Barito Utara dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati menyampaikan program Inovasi Desa (PID) hadir sebagai upaya upaya pendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa (DD) dengan memberi rukukan inovasi pembangunan desa. Hal ini juga untuk merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia serta infrastruktur desa.

Inovasi akan membuat perubahan besar bagi desa, sumber daya desa akan semakin bersaing, infrastrukturnya menjadi lebih baik yang akan secara langsung mengerakkan ekonomi di desa dan berimbas pada perubahan ekonomi Kabupaten Barito Utara secara keseluruhan. Pemerintah Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor:16 Tahun 2018 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019, khususnya pada pasal 6 ayat 1 dan 2 yang mengatur tentang prioritas penggunaan Dana Desa untuk pencegahan stunting.

Selain itu, Pemerintah pusat melalui Dirjen Pembangunan dan Pemerdayaan Masyarakat Desa menegaskan kepada Gubernur dan Bupati seluruh Indonesia dalam hal Konvergensi pencegahan Stunting di desa untuk melakukan langkah-langkah:
1. Memastikan penggunaan dana desa tahun 2019 agar diprioritaskan untuk membiayai pencegahan stunting pada sasaran rumah tangga 1.000 hari pertama kehidupan.
2. Memfasilitasi konvergensi atau keterpaduan intervensi untuk pencegahan stunting di desa untuk meningkatkan kualitas perencanaan, pelaksanaan. (Led)
Next Post Previous Post