Pembukaan (FBIMBT) Ditandai Dengan Pemukulan Gong Oleh Bupati Barut

Muara Teweh, MKNews- Fistival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan ( FBIMBT) tadi malam resmi dibuka secara langsung oleh Bupati Barito Utara dengan ditandai dengan pemukulan Gong. FBIMBT Tingkat Kabupaten Barito Utara Tahun 2019 yang merupakan agenda tahunan guna memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Barito Utara yang ke-69 tersebut bertempat di Water Front City (WTC) Jalan Panglima Batur Muara Teweh, Sabtu 20/07/2019.

Dalam sambutannya Bupat Barito Utara mengatakan bahwa FBIMBT adalah salah satu upaya pemerintah Kabupaten Barito Utara untuk melestarikan dan mempertahankan budaya yang dimiliki. Keanekaragaman suku budaya daerah." Dengan melaksanakan FBIMBT, kita turut membantu Negara dalam hal memajukan Kebudayaan, dan dapat dikembangkan sebagai sumber pendapatan daerah dari wisatawan lokal maupun mancanegara," jelas Bupati H.Nadalsyah.

Bupati berpesan untuk pemuda dan pemudi Barito Utara agar jangan hanya diam dan tidak perduli, tetapi bertekad untuk menjaga budaya ini." Berusahalah melestarikan dan berjanjilah untuk meneruskan warisan leluhur ini, karena kita dan kalian adalah masa depan budaya di Kabupaten Barito Utara ini. Dengan FBIMBT maka tercipta atlet-atlet olahragawan tedisional, seniman dan seniwati yang akan mewakili Kabupaten Barito Utara di ajang Fistival Budaya Isan Mulang tingkat Provinsi Kalteng, tahun 2020," tutup H. Nadalsyah.

Dalam pembukaan Fistival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan (FBIMBT) diserahkan piala bergilir dari Camat Teweh Tengah selaku juara umum tahun 2018 kepada Bupati Baito Utara yang diserahkan kepada Kadisbudparpora untuk diperebutkan kembali. Acara dilanjutkan dengan penampilan Group Hadrah AL-Banjari dari Kelurahan Jambu dengan menampilkan Hadrah asli Bakumpai yakni Rudat Hadrah Bakumpai.

Fistival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan yang digelar di Water Front City tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati, wakil ketua I DPRD, Unsur FKPD, Perwakilan Disbudparpora Provinsi Kalimantan Tengah, pejabat Lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Utara,  dan Undangan serta masyarakat Muara Teweh. Acara diakhiri dengan perlombaan Tari Pesisir.(Led)
Next Post Previous Post