Pangdam XII/Tpr Dampingi Menkopolhukam Pantau Karhutla di Palangka Raya


Palangka Raya, MKNews - Pangdam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab turut mendampingi Menkopolhukam RI, Wiranto, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.,  Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian dan Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo memantau Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

Pangdam XII/Tpr mendampingi Menkopolhukam dan rombongan melaksanakan peninjauan di lokasi Karhutla, Jalan Ir. Soekarno Kel. Menteng, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya. Turut juga mendampingi Gubernur Kalteng, Kapolda Kalteng, Danrem 102/Pjg, Kajati Kalteng, Wakapolda Kalteng, Walikota Palangka Raya, Plt. Kalaksa BPB - PK Kalteng, Asintel Kasdam XII/Tpr dan Danlanud Iskandar.

Menkopolhukam, Wiranto usai meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Jl. Ir. Soekarno
mengatakan bahwa dengan melihat lokasi kebakaran yang sangat dekat dengan jalan dan berada dekat pemukiman warga serta lahan yang tidak terlalu lebat sehingga dia menilai bahwa kebakaran tersebut merupakan ulah manusia. Kebakaran tersebut bukan terbakar melainkan dibakar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Lanjut Menkopolhukam Wiranto bahwa oknum pelaku pembakar lahan tersebut harus dicari kemudian ditangkap lalu dihukum karena perbuatan mereka yang sudah jelas membuat keadaan tidak tentram.

“Jadi kita harus cari pelaku yang tidak bertanggung jawab itu, jadi nanti kita akan lakukan operasi khusus menangkap orang-orang seperti itu. Itu jahat, itu kejahatan,” ucapnya mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)