Penyembuhan Orang Sakit Dengan Cara Tradisional (Balian Bawo) di Desa Panaen

Muara Teweh, MKNews- Ternyata pengobatan dan penyembuhan tradisional masih memiliki daya pikat, atau bisa disebut oleh masyarakat luas sebagai solusi alternatif dari pengobatan medis. Atau pada umumnya mengacu pada kepercayaan suatu daerah yang telah diturunkan secara turun temurun.

Salah satunya pengobatan tradisional Balian Bawo, balian bawo merupakan pengobatan tradisional yang dilakukan oleh suku Dayak tewoyan dalam pengobatan. Balian bawo biasanya dilakukan oleh umat hindu Kaharingan yang mempunyai keahlian tertentu dalam mengobati orang yang sakit.

Hal tersebut dikatakan oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Panaen Goinuri,  Sabtu 01/09/2019 pada saat dirinya melakukan pengobatan dengan cara tradisional balian bawo dan dilanjutkan dengan acara syukuran Balian Longan Bulau di Desa Panaen, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara.

Dalam acara ritual pengobatan tradisional Balian Bawo yang Ia lakukan tersebut, dirinya menjadi ketua dalam pengobatan. Pengobatan tradisional balian bawo tergolong unik, karena ritualnya pengobatannya hanya dilakukan pada waktu malam hari saja kepada pasien," ucap Goi.

Penyembuhan dan pengobatan, dengan cara tradisional Balian Bawo yang Ia lakukan selama tiga malam tersebut, pesien yang sakit akhirnya bisa disembuhkan. Sebagai ungkapan terima kasih dan rasa syukur kepada Ranying Hatala Langit /Tuhan Yang Maha Esa,  ritual dilanjutkan dengan Balian Longan Bulau," ungkapnya.

Namun dalam pengobatan tradisional Balian Bawo tersebut, tidak semua penyakit bisa disembuhkan. dan ritual penyembuhan maupun pengobatan yang bisa dilakukan melewati ritual ini, melihat dari bentuk dan macam penyakitnya dulu kemudian baru dilakukan ritual pengobatan Balian Bawo," bebernya. (Led)