Pulang Pisau Rebut Juara I


Pulang Pisau,- MKNews-- Pulang Pisau kembali raih  prestasi juara I dalam rangka Lomba Stand/booth terbaik, pameran produk hasil Bumdes dan Produk unggulan desa pada kegiatan Rakor Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (P3MD) Tingkat Prov. Kalteng yang dilaksanakan di  swiss belHotel Danum Palangkaraya dari 29 Agustus 2019 - 1 September 2019.

Kepala Dinas PMDes Kab. Pulang Pisau Saripul Pasaribu menjelaskan, Senin (02/09/2019) ," Kegiatan ini merupakan pameran kedua yg diadakan oleh Satker™ P3MD Provinsi Kalteng yg bertujuan utk mendorong kinerja dan produktivitas BUMDes sebagai penggerak perekonomian Desa. Pameran ini diikuti oleh 13 Kab se-Kalteng dengan menampilkan Prudes dan Produk BUMDes.

Persiapan yg dilakukan oleh Dinas PMDes bekerjasama dengan Tenaga Ahli P3MD untuk menginventarisir produk produk unggulan BUMDes Kab Pulpis yg saat ini sudah terbentuk sebanyak 73 Bumdes untuk dapat ditampilkan khusus yg memiliki produk unggulan yg dinilai punya keunggulan, unik dan inovatif untuk disertakan dalam ajang pameran ini. Dalam pameran ini mengusung tema Produk BUMDes berbasis inovasi dan kearifan lokal berdasarkan potensi yg dimiliki oleh Desa," Ujarnya.

Ditambahkannya," Adapun aspek-aspek yg dinilai adalah sebagai berikut :
1.Aspek Firmitas kesesuaian dengan tema,
2. Aspek Utilitas yaitu variasi, kelengkapan dan komponen. Stand BUMDes Pulang Pisau yang paling variatif, lengkap dari berbagai komponen aspek Venusitas yaitu keindahan, dari sisi dekorasi dan layout stand, Kab. Pulpis cukup bagus, karena dilengkapi dengan deskripsi seperti Baleho, Banner dan Keterangan produk BUMDes.
4. Terakhir dari aspek Marketing  stand, Kab. Pulpis memberikan trik pelayanan spesial. Hingga dengan trik tersebut bisa menarik konsumen dan membawa ketingkat transaksi lumayan signifikan.

Sedangkan jenis Produk-Produk Unggulan yang disajikan adalah :
1. Kerajinan anyaman rotan seperti Tas, Topi, Lawung dan Sumping dari Binaan BUMDes Pilang Hinje Simpei, Desa Pilang Kec. Jabiren Raya.
2. Sebuk Jahe Merah dan Kunyit berkemasan dari BUMDes Makaryo Sapodo-podo dari Desa Sebangau Mulya, Kec. Sebangau Kuala
3. Aneka Produk Olahan dari Jamur Tiram seperti Sate Jamur, Keripik Jamur, Madu kemasan botol dll, BUMDes Sangalang Hapakat, Desa Tanjung Sangalang, Kec. Kahayan Tengah.
4. BUMDes Andung Hagatang Desa Parahangan, Kec. Kahayan Tengah, produk olahan home industry berupa kripik kelakai, bayam dan kerajinan daur ulang sampah botol plastik
5. UMKM binaan BUMDes Rawi Batarung Desa Bukit Rawi, Kec Kahayan Tengah berupa kerajinan anyaman rotan dan home indutry (makanan ringan dari tumbuhan kelakai)," Tutupnya.
Next Post Previous Post