Pembahasan RKPDesa Dan penetapan APBDes Desa Hanjak Maju Dipertanyakan


Pulang Pisau -MKNews- Pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) serta penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes)  untuk pelaksanaan kegiatan Tahun  2020 telah selesai dilakukan bertempat, Desa Hanjak Maju, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau,Senin (30/12/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Hanjak maju beserta stafnya, Ketua BPD Desa Hanjak Maju bersama anggotanya, Perwakilan dari setip RT Desa setempat dan tamu undangan lainnya.

Ketua BPD Desa Hanjak Maju, Karlolyn menjelaskan," pembahasan RKPDes dan penetapan APBDes sudah disepakati dengan menimbang berbagai hal. namun saya mempertanyakan pembangunan lapangan sepak bola dimana sebelumnya sudah dianggarakan sebanyak Rp. 200 Juta, pada tahun 2019. Kemudian untuk tahun 2020 kembali dianggarkan Rp 400 Juta. apakah pekerjaanya selesai atau masih belum.

Saya dan anggota saya sempat meminta agar anggaran itu dikurangi dan bisa dilakukan ditahun berikutnya karena masih ada yang masih perlu dibangun dan diutanakan, seperti jalan kelompok tani yang masih belum tersentuh. namun faktanya, Kepala Desa menyatakan dalam kulum rapat pembahasan tersebut bahwa hal  ini adalah komitmen beliau dengan Bupati Pulang Pisau dan tidak bisa diubah lagi.

Saya berharap agar Kepala Desa harus mempunyai timbangan yang sehat karena masih ada kepentingan yang lain yangmana seharusnya diutamakan. terutama lagi, banyaknya keluhan masyarakat mengenai jalan usaha kelompok tani yang selama ini hanya sedikit saja mendapat sentuhan.

Saya berharap kepada seluruh unsur masyarakat Desa Hanjak Maju agar bisa bersama - sama mengawasi setiap jalanya kegiatan pembangunan Didesa. karna kegiatan tersebut menggunakan anggaran Dana dari pemerintah, baik itu bersumber dar APBDes - ADD dan APBN - DD, sehingga setiap pelaksanaanya sesuai dengan keinginan masyarakat.

untuk Rencana Anggaran Biaya (RAB) tentang kegiatan sebelumnya, jangan tanyakan kepada saya, karena saya tidak pernah melihat atau dikasih lihat. yang saya tahu dan setujui hanyalah jumlah anggaran saja,"Tutupnya.(Drt)