Kodim 1012 Buntok Gelar Pembinaan Wawasan Kebangsaan Dan Lomba Wisata Matematika Bela Negara



Buntok –MKNews -Kodim 1012/ Buntok menggelar pembinaan wawasan kebangsaan dan lomba Wisata Matematika Bela Negara atau WMBN, di Makodim. Kamis, 5 Maret 2020.

Kegiatan tersebut diikuti 120 siswa-siswi dari SMAN 1 Dusun Selatan, SMAN 2 Dusun Selatan, SMKN 2 Buntok, SMA Muhammadiyah Buntok dan MAN Buntok.

Dandim 1012 Buntok, Letkol Inf Tuwadi, S.E., M.I.Pol., mengatakan, mengatakan bahwa pelaksanaan pembinaan wawasan kebangsaan dan lomba WMBN ini merupakan implementasi kepedulian pada generasi  muda dan  program kerja pihaknya.

Merupakan salah satu metode binter, sebagai wahana untuk mewujudkan kebersamaan dan keeratan hubungan dengan seluruh komponen bangsa.

“Sudah saatnya generasi muda menginterpretasikan lebih luas makna wawasan kebangsaan, cinta Tanah Air dan cinta terhadap satuan TNI guna mempertahankan kedaulatan NKRI,” kata Tuwadi.

Menurutnya, pada jenjang ini merupakan prospek yang tepat, untuk mengokohkan kembali jiwa nasionalisme para pelajar sehingga pada akhirnya dapat menjadi bekal untuk mengarungi dinamika kehidupan di masa mendatang.

Semoga, lanjut dia, program ini menjadi daya pikat bagi para pelajar untuk memperkaya wawasan kebangsaan mereka.

“Semoga dengan upaya pembinaan wawasan Kebangsaan dan lomba Wisata Matematika Bela Negara dapat bermanfaat  untuk generasi muda,” ucap dia.

Ia membeberkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk komponen masyarakat Indonesia berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria.

Serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan ke-Bhineka Tunggal Ika-an dengan semangat bela negara guna mewujudkan NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Kegiatan tersebut dihadiri Dandim 1012/Btk,  Kasdim, Perwira Kodim, anggota Kodim , perwakilan Dinas Pendidikan Barito Selatan, Guru- guru pendamping dari masing – masing sekolah dan para siswa-siswi.