Cegah Karhutla, Kodim Muara Teweh Aktif Patroli Hotspot

Muara Teweh, MKNews- Minggu (30/8/20) - Kodim 1013/Muara Teweh melalui Koramil 1013-03/Teweh Tengah dan Koramil 1013-06/Lahei melaksanakan  patroli titik api di wilayah Desa Lemo 1, Teweh Tengah dan Desa Juju Baru, Lahei. Keduanya merupakan desa di Kabupaten Barito Utara. Patroli dilaksanakan untuk mengimbau masyarakat agar tidak membakar dan mengurangi tingkat kebakaran hutan yang sering terjadi di wilayah Barito Utara.

Hal ini disampaikan oleh Dandim 1013/Mtw, Letkol Kav Rinaldi Irawan, M.Han., dalam keterangan tertulisnya pada hari ini di Muara Teweh, Kalimantan Tengah.

Dijelaskan Dandim, Patroli titik api ini dilaksanakan sebagai upaya pencegahan terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kodim 1013/Mtw. 

"Dalam patroli titik api ini kami juga bekerja sama dengan Polri, BPBD dan relawan Satgas Huma," kata Dandim.
Dari hasil patroli yang dilaksanakan, Dandim mengatakan, untuk patroli yang dilaksanakan oleh Koramil Teweh Tengah tidak ditemukan lahan yang terbakar, sesuai dengan koordinat dari satelit hotspot tersebut merupakan limbah kayu yang terbakar dan aman.

Masih Dandim, sedangkan patroli yang dilaksanakan oleh Koramil Lahei hanya menemukan lahan tebasan siap bakar sekitar 1 Hektar.

"Melalui personel yang dilapangan kami sudah lakukan imbauan kepada masyarakat untuk bersama-sama saling menjaga dan saling mengingatkan antar warga untuk tidak membakar pada saat membuka lahan perkebunan baru, mengingat daerah tersebut merupakan wilayah rawan Karlahuta," pungkas Letkol Kav Rinaldi Irawan, M.Han. (Pendam XII/Tpr)