Truk Bermuatan Kapur Terjebak di Jalan Desa Pantik ke Desa Belanti Siam

www.mediakaltengnews.com - Pulang Pisau- Curahan hujan yang terjadi belakangan ini membuat kondisi ruas jalan dari desa Pantik ke desa Belanti Siam kecamatan Pandih Batu mengalami kerusakan di beberapa titik ruas jalan tersebut.

Apalagi Truk pengangkut kapur pertanian untuk pengolahan lahan food estate yang sering meintasi jalan tersebut akhirnya membuat pada salah satu titik badan jalan menjadi rusak bertambah parah yakni berlumpur dan pada akhirnya terjebak (Amblas) sehingga untuk bisa lolos dari kerusakan jalan itu pengangkut kapur harus menurunkan muatannya. 

“Kondisinya lumayan parah. Bahkan ada sebagian kapur yang diturunkan untuk menimbun kerusakan jalan, Akibat kondisi kerusakan ruas jalan itu kata sadi,  terjadi antrean kendaraan”, kata Sadi, salah seorang warga desa Belanti Siam, kemarin (21/09/2020). 

 Dari informasi yang dihimpun, lanjut Sadi menyampaikan,  kapur yang akan dibawa ke lokasi food estate itu sekitar 1.000 ton. oleh karenanya, dia berharap,  mudah-mudahan ruas jalan tersebut segera diperbaiki.


Menaggapi hal tersebut, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pulang Pisau Usis I. Sangkai, S.Hut.,M.Si  saat dikonfirmasikan mengatakan,  memang benar pada akhir - akhir ini jalan tersebut banyak dilewati truk bermuatan material untuk peningkatan jalan, truk pupuk/kapur untuk keperluan petani, truk mengangkut hasil pertanian dan truk angkut hasil kebun. Disamping itu juga intesitas hujan yg cukup tinggi, Sehingga jalan yang sudah beraspal pun berimbas menjadi rusak, hal itulah menjadi terganggunya akses lalu lintas untuk sementara waktu.

“ Kami dari Dinas PUPR Kabupaten sudah mengambil langkah penanganan untuk perbaikan jalan dimaksud , disamping itu jg mengimbau kepada masayarakat yang mengangkut menggunakan truk agar mengurangi tonase muatan sehingga kerusakan tidak semakin bertambah”, ujarnya. 

Dikatakannya pula,  pada tahun anggaran 2021 ruas jalan dimaksud telah pihaknya usulkan dan disepakati untuk ditangani Pemerintah Pusat memalui Balai Jalan Nasional. Sehingga jalan akan menjadi lebih bagus dari yang ada saat ini.

“ Yakinlah kami selalu berada ditengah masyarakat, kami selaku pelayan akan memberikan yang terbaik buat masyarakat Kabupaten Pulang Pisau”, tandasnya. (Drt)