Babinsa Kodim 1013/Mtw, Anjang Sana untuk Tumbuhkan Kesadaran Ketaatan Prokes


Muara Teweh -MKNews- Sampai saat ini, pandemi covid-19 belum berakhir. Berbagai upaya telah dilakukan oleh gugus tugas percepatan penanganan covid-19 kabupaten Barito Utara, maupun stakeholder yang melaksanakan upaya secara mandiri. Sebagaimana yang dilaksanakan babinsa Koramil 1013-06/ Lahei, wilayah kodim 1013/Mtw, melaksanakan anjang sana ke rumah warga binaan di RT. 02 Kelurahan Lahei II pada hari Sabtu (09/01).

Terkait hal tersebut, komandan Kodim 1013/Mtw, Letkol Kav Rinaldi Irawan,  M.Han., menyatakan," Kita apresiasi para babinsa yang berperan aktif melaksanakan komsos berupa anjang sana ke rumah warga binaan. Hal ini merupakan salah satu bentuk metode pembinaan teritorial. Dengan anjang sana banyak manfaat bisa ambil, antara lain dapat mengokohkan kemanunggalan  TNI-Rakyat, dapat sebagai ajang bertukar pikiran untuk kemajuan wilayah. Selain itu dapat juga sebagai ajang untuk menyampaikan sosialisasi dan edukasi tentang ketaatan terhadap protokol kesehatan. Dengan hadir secara langsung ke rumah warga, maka akan tersentuh hatinya untuk sadar mentaati protokol kesehatan", tandasnya.

Selain itu, tambahnya, anjang sama dapat juga dijadikan sebagai sarana penyampaian wawasan kebangsaan dan pemantapan kesadaran bela negara. Apalagi disampaikan dalam suasana penuh kekeluargaan dan keakraban, maka akan lebih mendalam. Perlu disadari juga bahwa, anjang sana dapat bernilai ibadah, bila diniatkan untuk silaturahim.

Sementara itu, salah seorang warga kelurahan Lahei II  yang  dikunjungi babinsa, Khoiril, menyatakan," Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak babinsa yang telah berkenan berkunjung di kediaman kami, dan telah memberi banyak arahan yang sangat penting dalam bekal hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Terutama tentang ketaatan protokol kesehatan saat pandemi covid-19 ini. Sekali lagi terima kasih kepada bapak Koramil", tuturnya mantap.

Pantauan di lapangan, pendekatan secara kekeluargaan, dengan mendatangi warga secara langsung, merupakan cara yang efektif untuk membangun kesadaran personal menuju kesadaran kolektif dalam mentaati protokol kesehatan.