Cegah Api Menyala Kembali, Personil Kodim 1014 /Pbn Lakukan Pendinginan di Lokasi Karhutla


Kotawaringin Barat - MKNews-Aparat Gabungan yang terdiri dari TNI Polri, BPBD dan masyarakat masih melakuakan pendinginan atau pembasahan di lokasi Kebakaran lahan yang terjadi beberapa hari yang di Kelurahan Mendawai Seberang Kecamatan Arut Selatan Kab. Kotawaringin Barat. 


Sampai saat ini lokasi tersebut masih mengeluarkan asap dikarenakan lahan yang terbakar adalah lahan gambut sehingga bara api yang ada di dalam tanah sangat sulit untuk di padamkan. 

Komandan Kodim 1014 /Pbn Letkol Arh Drajad Tri Putro S.E mengatakan, pendinginan difokuskan pada lahan gambut yang masih menimbulkan asap, agar api tidak menyala kembali.

"Proses pendinginan dilakukan hingga asap tidak muncul lagi dan bara apa dipastikan padam," kata Letkol Arh Drajad Tri Putro, Jum'ad (05/03/2021).

Dirinya menjelaskan, meskipun ada kendala cuaca panas, angin kencang, serta kurangnya sumber air di lokasi, namun langkah penanganan karhutla terus dilakukan secara optimal.

"Kita akan terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait, dan sejauh ini karhutla di wilayah Kotawaringin Barat masih bisa ditangani dengan baik," jelasnya.

Dia pun mengimbau dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencegah karhutla. "Jangan buka lahan dengan cara membakar. Ingat, pelaku karhutla bisa dipidana," pesannya

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url