Tanggulangi Karhutla, Kapolda Kalteng Launching AWS dan Mobil Pemburu Api


Kalteng -MKNews- Berbagai upaya dilakukan oleh Polda Kalteng dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah hukumnya.

Salah satunya dengan menciptakan terobosan kreatif alat pemadam api yang cepat dan sigap, yaitu Agus Water Spray (AWS) dan Mobil Pemburu Api.

Terkait hal tersebut, Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. pagi ini melaunching AWS buatan Bripka Agus personel Polresta Palangka Raya di Lapangan Barigas Mapolda, Selasa (02/03/2021) pukul 07.30 WIB.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda didampingi Dirlantas Kombes Pol. Rifki, S.H., S.I.K. , Dan Kabidhumas Kombes Pol. K. Eko Saputro, S.H., M.H.

Kapolda melalui Kabidhumas menyampaikan bahwa AWS yang dilaunching ini merupakan alat pemadam portabel buatan Bripka Agus yang terinspirasi dari alat semprot cuci motor, kemudian dimodifikasi menjadi pemadam polrtabel dengan menggunakan aki dan dinamo serta kapasitas air 30 liter.

"Selain melaunching AWS, pada kesempatan tersebut Kapolda juga melaunching mobil pemburu api berjenis komodo yang akan digerakan untuk memadamkan api dengan medan yang berat dan tidak bisa dilalui mobil pemadam yang besar," terang Eko.

Diakhir kesempatan Eko juga berharap semoga dengan adanya inovasi seperti ini dapat mempermudah personel di lapangan dalam bertugas memadamkan Karhutla yang ada di Kalimantan Tengah.(Adit/sam)

Komentar