Turun Kesawah, Babinsa Berambai Makmur Bantu Petani Bersihkan Rumput liar

Kotawaringin Barat - MkNews- Babinsa Berambai Makmur Serda Ilham bersama 2 orang rekannya dari Koramil 1014 - 05/Pangakalan Banteng melaksanakan kegiatan pendampingan ketahanan pangan dengan membantu membersihkan rumput liar pada tanaman padi milik petani di lahan Demplot Padi Kodim 1014 /Pbn di Desa Berambai Makmur Kecamatan Pangkalan Benteng Kabupaten Kotawaringin Barat, Rabu (07/04/2021).

Kegiatan seperti ini sangat disambut baik petani, hal ini terlihat dari antusias mereka dalam membersihkan rumput liar dan menyulami tanaman padi yang mati, walupun panas matahari sangatlah terik dan menyengat.

Di sela-sela kegiatan, Serda Ilham mengatakan, Gulma ataupun rumput liar menjadi salah satu kendala bagi para petani padi dalam memperoleh hasil panen yang maksimal, karena keberadaan gulma sangat mengganggu tanaman padi pada masa pertumbuhan hingga masa pematangan, jika keberadaan gulma tidak segera di kendalikan atau dilakukan penyiangan maka akan mengakibatkan tanaman padi kekurangan unsur hara, air dan cahaya sehingga berdampak pada menurunnya hasil panen.

Setiap tanaman memerlukan perawatan dan pemeliharaan, tidak terkecuali pada tanaman padi, di antaranya adalah pemupukan, penyemprotan hama, atau pembersihan gulma,” Ucap Serda Ilham.

“Kami akan terus mendampingi petani setiap saat untuk mewujudkan swasembada pangan nasional yang berkwalitas,” Tutupnya.

Komentar