Wakil Ketua I DPRD Barut, Minta Pihak PT. KTC Bertanggung jawab Atas Kecelakaan Yang Menimpa Suhaimi

BARITO UTARA, MKNews-Nasib yang menimpa M. Suhaimi seorang warga asal Martapura Kalimantan Selatan, kini tidak bisa bekerja untuk menafkahi anak dan istrinya karena mengalami kecelakaan mobil pickup yang dikemudikan nya di tabrak mobil dump truk pengangkut batu bara PT KTC Site Lemo.

Peristiwa kecelakaan yang menimpa M. Suhaimi tersebut mendapat sorotan dari berbagai pihak, terutama Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Barito Utara H. Parmana Setiawan, ST menangapi langsung atas insiden itu, Selasa 14/11/2023.

Ia menegaskan bahwa perusahaan tersebut harus bertanggung jawab penuh. Dan setiap perusahaan pasti ada perwakilannya, terkait dengan hal ini maka direksi harus bertanggung jawab dalam peristiwa ini baik secara hukum atas insiden kecelakaan kerja yang terjadi di areal perusahaan.

"Normatifnya pimpinan perusahaan lah yang harus bertanggung jawab. Tanggung jawab itu bukan hanya mengenai kerugian yang ditimbulkan akibat kecelakaan, tetapi juga memastikan bahwa pekerja yang mengalami cacat atau bahkan meninggal karena kecelakaan harus mendapatkan hak-haknya.

"Segala upaya perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja karena dampaknya sangat buruk, bukan saja terhadap buruh yang mengalaminya tapi juga perusahaan," kata dia.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa secara pidana para pihak yang terkait tersebut juga perlu diperiksa, untuk menemukan ada dan tidaknya unsur kesengajaan (delik dolus) atau kelalaian yang disebut (delik culva), yang menyebabkan kecelakaan terjadi apalagi sampai hilangnya nyawa seseorang, para pelaku baik pimpinan perusahaan maupun pekerja yang turut serta, bisa dijerat dengan pasal 359 KUHP ancamannya pidana penjara maksimal 5 tahun.

Peristiwa kecelakaan yang menimpa M. Suhaimi tersebut, saya lihat viral diberitakan, diketahui Suhaimi seorang driver mobil pickup L300, sepulang mengantar air bersih ke PT. Nipindo mengalami kecelakaan hebat dengan sebuah dump truk roda 10 yang mengangkut batu bara PT. KTC Site Lemo. Saya harap manajemen PT. KTC bertanggung jawab atas kerugian yang dialami oleh korban, dan jangan sampai korban membawa permasalahan ini ke DPRD Barut untuk dijadwalkan RDP," ucapnya. (Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url