Wujudkan Pemerintahan Berbasis Elektronik,Dispursip Mura Gelar Bimtek

Puruk Cahu, mediakaltengnews.com - Dinas Perpustakaan dan Kerarsipan Mura menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Dinamis dan Terintegrasi (Srikandi) yang diikuti para perangkat daerah dan kecamatan di lingkungan kabupaten Mura dan di ikuti oleh 80 peserta yang di laksanakan di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Tira Tingka Balang, Senin(24/07/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini di buka langsung oleh Bupati Mura yang di wakili Asisten 1 Sarampang. 

Dalam sambutannya saat membuka Bimtek Sarampang mengatakan bahwa hadirnya aplikasi Srikandi ini tidak hanya memudahkan dalam pencarian dokumen saja namun juga dapat memudahkan pembuatan, pengiriman dan penerimaan naskah dinas secara elektronik antar instansi pemerintah yang terintegrasi dari tingkat daerah ke tingkat pusat.

Sarampang juga menambahkan, arsip dapat berperan dan berfungsi dengan baik jika dikelola oleh tenaga fungsional yang benar-benar profesional sebagai seorang pengelola arsip, agar arsip tersebut tidak menjadi sulit dan tidak memerlukan waktu lama untuk ditemukan kembali (retrieval), guna memperlancar pelaksanaan tugas dan pengambilan keputusan secara tepat. Dengan bimtek ini diharapkan terwujudnya pengelolaan arsip yang autentik dan terpercaya, terwujudnya pengelolaan arsip yang handal, terjaminnya keselamatan dan keamanan arsip, keselamatan aset nasional, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik,ucap Sarampang.

Sementara itu ,dalam laporannya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mura M.Syahrial Pasaribu, S.Sos., M.Si mengatakan, kegiatan bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan serta memberikan motivasi aparatur perangkat daerah,kecamatan dan kelurahan dalam melaksanakan sistem pemerintahan berbasis Elektronik.Sebagaimana yang di amanatkan dalam Peraturan Presiden RI Nomor 95 Tahun 2018.Dan Keputusan Menteri PAN fan RB no 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis,yang tepah mensahkan semua proses surat-menyurat secara digital.

Syahrial juga berharap,peserta dapat mengikuti Bimtek dengan serius dan sungguh-sungguh guna menghasilkan sumber daya manusia yang memahami dan mampu mengaplikasikan Srikandi dengan baik,harap Syahrial.

Hadir 2 orang sebagai Narasumber yaitu Pinandita Syafrisman, S.Sos Arsiparis Ahli Muda dan Satimin S. AP Arsiparis Ahli Muda selaku narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia.

Komentar