Kodim 1013/Mtw Bersama BPBD, Salurkan Bantuan Banjir di Desa Sei Rahayu I

BARITO UTARA, MKNews-Kodim 1013 Muara Teweh dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Utara, menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir diakibatkan Sungai Berioi meluap di Desa Sei Rahayu I, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Senin 15/01/2024.

Bantuan diterima secara simbolis oleh Kepala Desa (Kades) Sei Rahayu I, Suharto Hartono dan warga Desa setempat. Hal ini dikarenakan kendaraan yang membawa bantuan tersebut tidak dapat langsung menuju ke pemukiman warga karena kondisi air masih tinggi. 

Adapun bantuan yang disalurkan oleh Kodim 1013 Muara Teweh dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Utara tersebut berupa: beras, telur, mie instan, gula pasir, kopi, teh, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Kepala Desa (Kades) Sei Rahayu I Suharto Hartono mengatakan, bahwa banjir ini terjadi akibat dari intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir dan menyebabkan sungai Barioi meluap menggenangi ruas jalan bahkan sampai ke pemukiman warga. Banjir  ini telah merendam 60 KK rumah warga dengan ketinggian air mencapai 50 Cm," kata Suharto Hartono.

Sementara itu, Dandim 1013 Muara Teweh Letkol Inf Agussalim Tuo melalui Danramil 1013-03 Teweh Tengah Kapten Inf M Guntur menyampaikan, bahwa bantuan yang diberikan ini merupakan bentuk kepedulian TNI yaitu kepada masyarakat yang terdampak banjir. Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak luapan Sungai Barioi," ucap Kapten Inf M. Guntur.

Hal senada juga disampaikan oleh Pasiter Kodim 1013 Muara Teweh, Lettu Czi Ahmad Munir, inilah wujud kepedulian TNI dan pemerintah daerah, bantuan yang diserahkan ini juga sesuai dengan arahan pimpinan TNI AD. "Ini sesuai arahan dari pimpinan TNI AD yaitu mulai dari Kasad, Pangdam XII/Tpr, Danrem 102/Panju Panjung bahwa TNI harus selalu hadir ditengah kesulitan masyarakat," jelasnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Barito Utara, Simamora Turahman menyebutkan bahwa ada beberapa titik luapan air yang tergenang di Desa Sei Rahayu I, kalau kita lewati tadi itu ada 3 titik ruas jalan menuju desa yang terendam banjir," ungkap Simamora. (Led)

Komentar