Dewan Pimpinan Cabang APDESI Barito Utara, Periode 2024-2029 di Kukuhkan

BARITO UTARA, MKNews-Pj.Bupati Barito Utara kukuhkan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Barito Utara Masa Bakti 2024-2029 yang dilaksanakan di Gedung Balai Antang Muara Teweh, Rabu 07/02/2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara, Pj.Sekretaris Daerah Drs. Jupriansyah MAP., Unsur FKPD, Kepala Perangkat Daerah, Camat Se-Barito Utara, Penasehat DPC APDESI Barito Utara H. Nadalsyah, Komisaris Utama PT. Mitra Barito Group dan undangan terkait lainnya.

Pj. Bupati Barito Utara Drs. Muhlis dalam sambutannya menyampaikan atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengucapkan "Selamat kepada Pengurus DPC APDESI Barito Utara Periode 2024-2029 yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya, semoga dengan pengurusan yang baru ini DPC APDESI Barito Utara semakin maju dan lebih baik serta semakin banyak memberikan kontribusi bagi kemajuan Kabupaten Barito Utara. Saya berpesan kepada Pengurus DPC APDESI Barito Utara untuk memperhatikan hal sebagai berikut :
1. Agar seluruh DPC serta seluruh APDESI Barito Utara mempelajari dan memahami betul peran dan fungsi organisasi sebagaimana yang tertuang dalam anggaran dasar maupun kebijakan atau program kerja Dewan Pimpinan Pusat dan Dewan Pimpinan Daerah Kalimantan Tengah.
2. Senantiasa solid dalam mengkonsolidasi organisasi dalam rangka membangun kemitraan yang baik antara pemerintah daerah dengan pemerintah desa, sehingga organisasi yang dibentuk betul-betul dapat dijadikan wadah atau forum bagi pemerintah desa Se-Kabupaten Barito Utara untuk bertukar informasi, forum evaluasi tata kelola pemerintah desa serta forum untuk meyampaikan rekomendasi APDESI kepada pemerintah daerah tentang hal-hal strategis pembangunan perdesaan.
3. Keberadaan APDESI Cabang Kabupaten Barito Utara diharapkan berkontribusi dalam memberikan manfaat bagi pemerintah desa khusunya mengingat beban tanggung jawab yang diemban oleh desa dalam mengelola keuangan desa semakin meningkat dari tahun ke tahun.
4. Terkhusus kepada segenap Dewan Pimpinan Cabang kiranya dalam menyusun program kerja harus realistis terukur dan implementatif tidak bertentangan dengan kebijakan organisasi secara nasional serta memperhatikan kebijakan dan regulasi yang ada di lingkup pemerintah daerah Kabupaten Barito Utara.
5. Selanjutnya saya berharap agar APDESi juga berperan mendorong pemerintah desa untuk segera meyampaikan Laporan Peyelenggaraan Pemerintah Desa (LPPD), Surat Pertanggung Jawaban (SPJ), Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD) dan Laporan Semester Akhir Pelaksanaan APBDes serta segera untuk melaksanakan peyusunan Rencana Kerja Pembangunan (RKP) dan Rancangan APBDes Tahun Anggaran 2024 yang sangat prioritas seusai hasil musyawarah desa masing-masing dalam rangka perecepatan pembangunan desa di wilayah Kabupaten Barito Utara." Tutup Drs.Muhlis mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Pengukuhan Ating J. menyampaikan permohonan dengan hormat kepada Pj. Bupati berkenan mengukuhkan jajaran Dewan Pimpinan Cabang APDESI Kabupaten Barito Utara Masa Bakti 2024-2029. 

"Sehingga dalam menjalankan peran dan fungsi ke depannya kami berharap kiranya keberadaan APDESI Barito Utara dapat memberikan nilai positif serta manfaat bagi desa-desa di Barito Utara untuk lebih baik dan maju lagi. Selanjutnya jumlah peserta yang hadir pada hari ini kurang lebih 425 orang dengan sumber dana adalah sepenuhnya dari bantuan pribadi Ahmad Gunadi selaku Komisaris Utama PT. Mitra Barito Group." Ucap Ating J.

Sementara itu penasehat DPC APDESI Barito Utara H. Nadalsyah menyampaikan "Kepada seluruh kepala desa agar dapat memanfaatkan organisasi ini dengan sebaik-baiknya khususnya terkait dengan pengelolaan dana desa untuk kepentingan masyarakat desa serta penggunaannya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku agar terhindar dari permasalahan hukum".

Dewan Pimpinan Cabang APDESI Barito Utara Periode 2024-2029 yang dilantik sebagai Ketua yaitu Paning Ragen, 8 orang Wakil Ketua, Arbani sebagai Sekretaris dan sebagai Bendahara yaitu Elly Sukaesih. (Led)

Komentar