TCW Kalteng Tegaskan Pulang Pisau Harus Meningkatkan SDM Terutama di Bidang Pertanian

Pulang Pisau, MKNews- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) lembaga Transfaren Corroption Watch (TCW) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyampaikan himbuanya khususnya dalam bidang pertanian di Kabupaten Pulang pisau. Saat berbincang dengan salah satu jurnalis online Inovasiborneo.co.id, pria yang sehari-hari biasa dipanggil Diamon ini menjelaskan betapa pentingnya meningkatkan sumber Daya Manusia Khususnya Bidang Pertanian.

"Pertanian ini kan menyangkut kehidupan orang banyak, terutama dari hasil tanamanya, sektor pertanian adalah sektor yang harus dijaga ketat karena produksi pangan menyangkut hajat hidup orang banyak. Oleh karena itu, apabila ada segala penyimpangan yang terjadi di sektor ini harus ditindaklanjuti dengan cepat dan serius. Khususnya untuk di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, semoga saja tidak terjadi suatu indikasi penyimpangan. Namun apabila hal tersebut terjadi, kami dengan tegas tidak segan-segan melaporkan dan mengawal laporan tersebut,"ucapnya kepada jurnalis pada saat berkunjung ke-Pulang pisau, Kamis (25/04/2019).

Masih Diamon, "Salah satu contoh saja seperti beberapa penyimpangan yang ditangani Kejaksaan Agung tahun 2015 lalu. Kejaksaan Agung (Kejagung) mengeluarkan lima surat perintah penyidikan (Sprindik) tentang penanganan dugaan penyimpangan pengadaan alat dan mesin pertanian (Alsintan) tahun 2015. Kasus tersebut saat ini sedang dalam penyelidikan oleh Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM-Pidsus). Kasus yang diselidiki oleh JAM Pidsus sendiri terkait kemungkinan adanya penyalah gunaan bantuan Alsintan tahun anggaran 2015. Selain itu, Kejagung juga pernah menangani kasus - kasus  dugaan korupsi kegiatan bantuan fasilitas sarana produksi pada kelompok tani binaan Penggerak Membangunan Desa ( PMD ) tahun 2015 pada Kementan Wilayah Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan

"Sampai saat ini, kita hanya bisa menantikan ketegasan dari para aparat penegak hukum saja, apalagi bila hal ini ternyata benar - benar terbukti ada oknum - oknum yang mencari keuntungan pribadi dengan cara yang tidak terpuji. Biarlah para oknum - oknum itu dihukum seberat-beratnya, karena sudah mencuri dari sektor yang merupakan sektor terpenting untuk produksi dan menciptakan kedaulatan pangan,"tutupnya mengakhiri perbincangan.(Darto)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url