Gubernur Sugiato Sabran Berhasil Membangun Data Center Kalteng Berstandar Tier 2


Kalteng Berkah-MKNews-Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran saat meninjau fasilitas dan aplikasi yang berada di Gedung Smart Province Kalteng, Kamis (26/12/2019)

https://youtu.be/ESLNspZ3KoY


Dalam Kunjungan Tersebut Gubernur Kalteng menyampaikan bahwa "Direncanakan kedepannya akan dikembangkan menjadi CCTv Artificial Inteligence guna mendeteksi jumlah kendaraan, plat nomor kendaraan dan pajak kendaraan bermotor," kata Sugianto Sabran.

Gubernur meninjau Ruang Command Center (Pusat Komando) yang berada di GSP, dimana ruangan ini berfungsi sebagai sarana monitoring pembangunan, video teleconference dan pusat pengambilan keputusan bagi pimpinan dan menjadi pusat pembelajaran bagai mahasiswa dan pelajar untuk mengetahui kemajuan Prov. Kalteng selama ini.

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemprov. Kalteng melalui Diskominfo telah membangun beberapa aplikasi e-government, baik aplikasi antar OPD maupun aplikasi pelayanan publik sejak tahun 2017 dan terus dilakukan pengembangan termasuk integrasi dan interoperabilitas sistem.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri, Kepala Diskominfo Kalteng Herson B. Aden, Inspektur Kalteng Sapto Nugroho H.W, serta sejumlah Kepala Perangkat daerah terkait lainnya.

Pemprov Kalteng juga telah melakukan pemasangan Jaringan Fiber Optic (FO) sepanjang 34 Km yang terhubung ke 43 OPD di lingkungan Prov. Kalteng dengan kecepatan 1 GigaBytes, digunakan untuk efisiensi dan efektifitas proses bisnis Government to Government (penggunaan aplikasi pemerintah e-planning, ebudgeting, e-monev,dan lain-lain), sehingga meminimalisir penggunaan internet, penghematan cukup besar untuk biaya internet dan pelayanan semakin capat kepada masyarakat.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran saat meninjau fasilitas dan aplikasi yang berada di Gedung Smart Province Kalteng, Kamis (26/12/2019)

Gubernur Sugianto juga mengecek infrastruktur Data Center (Pusat Data) Kalteng yang dibangun secara bertahap dimulai dari perencanaan di tahun 2017 hingga selesai di tahun 2019.

Saat ini Data Center Kalteng berstandar tier 2, sistem listrik 2 sumber (PLN dan Genset), menggunakan 3 penyedia jasa internet, memiliki sistem pendingin khusus (PAC), sistem pemadam kebakaran khusus (tidak merusak perangkat elektronik), memiliki ruang penyimpanan (storage) 200 TB, dan memiliki IP Publik sendiri sebanyak 512 IP Publik.

Data Center ini diperuntukkan sebagai media penyimpanan data dan proses integrasi berbagai aplikasi e-govermant dan menjadi pusat hosting aplikasi atau website Pemprov. Kalteng dan juga support untuk kabupaten/kota se-Kalteng.

Pemprov Kalteng juga telah memiliki sarana publikasi dengan videotron yang terdapat di 3 lokasi yaitu Palangka Raya, Kapuas dan Sampit sebagai salah satu media publikasi visual dalam penyebarluasan informasi kepada masyarakat tentang kemajuan pembangunan di Kalteng .

Sugiato Sabran Berharap Dengan kemajuan teknologi saya berharap Kalteng mempunyai nilai poin dalam lebih, Gubernur mengatakan hingga dengan gampang memantau keadaan daerah kabupaten untuk melihat keadaan masyarakat serta kinerja ASN serta pembangunan Infrastruktur yang sedang dikerjakan.

Dengan Alat Tersebut kita juga dapat mengetahui pengangkut batu bara hingga perusahaan tidak dapat mencuri hasil bumi Kalteng karena semua terpanntau dan terekam kamera.