Kodam XII/Tpr Hari Ini Resmi Menggelar TMMD ke-108 di Tiga Wilayah


Kubu Raya, MKNews-Selasa (30/6/20) - Pandemi Covid-19 masih menjadi masalah serius bagi bangsa ini. Namun demikian pembangunan harus tetap berjalan agar kesejahteraan masyarakat dapat terwujud. Oleh karena itu Kodam XII/Tanjungpura hari ini secara resmi membuka program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 di 3 (Tiga) wilayah kabupaten di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. 

Yakni di wilayah Korem 102/Pjg di Kabupaten Sukamara, wilayah Korem 121/Abw di Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Ketapang. TMMD ke-108 ini juga digelar secara serentak di seluruh Kodam di Indonesia. Adapun tema TMMD ke-108 adalah TMMD Pengabdian Untuk Negeri. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., melalui rilisnya pada hari ini di Kubu Raya, Kalimantan Barat.

"Hari ini secara resmi TMMD ke-108 di wilayah Kodam XII/Tpr dibuka. Ada tiga sasaran TMMD yaitu di Kodim 1014/Pbn di Desa Bangun Jaya, Kecamatan Balai Riam, Kabupaten Sukamara, di Kodim 1202/Skw dilaksanakan di Desa Danti dan Desa Gua, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, di Kodim 1203/Ktp di Desa Beringin Rayo, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang," jelasnya.

Kapendam XII/Tpr mengatakan, adapun pembukaan TMMD ke-108 di wilayah Kodam XII/Tpr dibuka oleh masing-masing pemerintah daerah yang menjadi sasaran TMMD. Pembukaan dilaksanakan dengan tanpa upacara.

"Pembukaan hanya ditandai dengan penandatanganan naskah penyerahan pekerjaan TMMD oleh Bupati kepada para Dansatgas TMMD," kata Kapendam.

Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., menjelaskan, adapun tujuan dari pelaksanaan TMMD ke-108 ini adalah untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah pedesaan.

"Dalam pelaksanaannya, secara keseluruhan TMMD terbagi menjadi 2 kegiatan yakni, kegiatan fisik dan non fisik," ujarnya.

Untuk kegiatan fisik di Kodim 1014/Pbn diantaranya, pembuatan embung, pembuatan pos terpadu dan Pos kesehatan KB. Untuk di Kodim 1202/Skw diantaranya pembangunan dua ruas jalan sepanjang 500 meter dan 3500 meter dengan lebar 3 meter, penimbunan jalan sepanjang 1300 meter dan pembangunan 4 unit jembatan.

Untuk kegiatan fisik di Kodim 1203/Ktp ada tujuh sasaran diantaranya, Renovasi 3 Rumah Ibadah, Pembangunan sarana air bersih dan pengerjaan pipanisasi, Rabat Beton 2 titik sasaran sepanjang 330 meter serta pembuatan penerangan jalan umum sebanyak 9 unit.

"Sedangkan untuk kegiatan non fisik adalah dengan memberikan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat di lokasi sasaran TMMD," kata Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos. (Pendam XII/Tpr)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url