Berhasil Menanam Dilahan Berpasir, Camat Seruyan Raya Beri Pujian Petani ini ?


SERUYAN  RAYA. MKNews-Roby Kurniawan, Camat Seruyan Raya menberikan pujian sekaligus apresiasi kepada Mislani (60), petani di Desa Bangkal , Kecamatan Seruyan Raya Kabupaten Seruyan, pasalnga kreatifitas memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan luas 20 m X 50 m walau lahan berpasir dia dapat bercocok tanam dengan baik dan menghasilkan.

" Walau lahan kecil dan berpasir Mislani dapat bercocok tanam dengan baik dan berhasil, ini dapat menjadi contoh buat petani lainnya," ucap camat camat Seruyan Raya, Roby Kurniawan, Senin 6 Juli 2020.

Tidak hanya memberikan aprisiasi dan pujian, Camat bersama tim penyuluh pertanian, ketua kelompok tani dan anggota Babinsa menyempatkan diri melihat langsung ke lokasi tersebut, Senin (6/7/2020).

Menurut Roby, dirinya mengajak timnya turun langsung melihat lokasi lahan petani tersebut untuk melihat langsung lahan yang dikelola merupakan lahan berpasir yang menurut sebagian masyarakat sangat sulit bercocok tanam.

"Sekarang kita sama-sama melihat langsung bagaimana cara pengolahan lahan berpasir ini, ternyata cara yang digunakan hanya menggunakan pupuk kandang," ucapnya.

Dilanjutkan oleh camat, yang lebih unik lagi, pupuk kandang yang dibuat oleh petani tersebut menggunakan cara pembusukan rumput yang langsung disimpan didalam kandang kambing.

" Dengan biaya yang sangat murah dan tanpa unsur bahan kimia pembusuk yang hanya bisa dibeli atau diperoleh ditoko," tutupnya.

Sementara itu Mislani menjelaskan, tekhnis pengolahan pupuk kandang dengan cara pembusukan rumput tersebut merupakan pengalaman yang didapatnya mengingat mahalnya harga pupuk anorganik dan sulit utk didapatkan, terlebih dalam situasi saat ini.

"Setelah rumput atau sisa-sisa pakan ternak membusuk didalam kandang yang telah terpermentasi akibat tercampur kotoran/urin ternak kambing. Cara ini saya coba terapkan disini dan alhamdulillah kelihatannya cukup berhasil," katanya.

Pada kesempatan itu pihak pemerintahan Kecamatan Seruyan Raya juga menghimbau agar para petani dilingkup kecamatan dapat bersatu dalam menghadapi tantangan, berharap kepada para petani dalam berusaha budidaya agro agar dapat memiliki orientasi bisnis untuk menunjang kebutuhan hidup, baik itu hasil dalam harian, mingguan, bulanan dan tahunan dan berharap hasil pertanian nantinya dapat ditampung melalui pasar induk yang rencananya akan dibangun di Kecamatan Seruyan Raya.(Joe)