Inilah Keutamaan 10 Muharram Hingga Sri Kandi LSR-LPMT- Kalteng Bagikan Bubur Asyura..

www.mediakaltengnews.com -Palangka Raya- Bulan Muharram merupakan hari bersejarah bagi umat islam dan bulan yang dinanti - nantikan umat islam karena keistmewaan bulan ini lebih baik setelah bulan Ramadhan.

Hal itu sesuai dalil dalam beberapa hadist dibawah ini, yangmana dari sekian hari di bulan Muharram, yang lebih afhol adalah puasa hari ‘Asyura, yaitu pada 10 Muharram.

 Abu Qotadah Al Anshoriy berkata,

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, ”Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.”(HR. Muslim no. 1162).

selanjutnya pada hadist lain, Dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أفضل الصيام بعد رمضان شهر الله المحرم

“Sebaik-baik puasa setelah Ramadlan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram.” (Syarah Shahih Muslim, 8/55)

Kemudian pada hadist lainnya dari Ibn Abbas radliallahu ‘anhuma, beliau mengatakan:

ما رأيت النبي صلى الله عليه وسلم يتحرى صيام يوم فضَّلة على غيره إلا هذا اليوم يوم عاشوراء ، وهذا الشهر – يعني شهر رمضان

“Saya tidak pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallammemilih satu hari untuk puasa yang lebih beliau unggulkan dari pada yang lainnya kecuali puasa hari Asyura’, dan puasa bulan Ramadlan.” (HR. Al Bukhari & Muslim).

Dari Ibn Abbas radliallahu ‘anhuma, beliau mengatakan:

قَدِمَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – الْمَدِينَةَ وَالْيَهُودُ تَصُومُ عَاشُورَاءَ فَقَالُوا هَذَا يَوْمٌ ظَهَرَ فِيهِ مُوسَى عَلَى فِرْعَوْنَ . فَقَالَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – لأَصْحَابِهِ « أَنْتُمْ أَحَقُّ بِمُوسَى مِنْهُمْ ، فَصُومُوا ».

Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sampai di Madinah, sementara orang-orang yahudi berpuasa Asyura’. Mereka mengatakan: Ini adalah hari di mana Musa menang melawan Fir’aun. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda kepada para sahabat: “Kalian lebih berhak terhadap Musa dari pada mereka (orang yahudi), karena itu berpuasalah.” (HR. Al Bukhari).
Terkait dengan keistimewaan bulan itulah, tepatnya 10 Muharram 1442 H, Sabtu (29/08/2020), Organisasi di bidang kemasyarakatan di Kalimantan Tengah (Kalteng) yakni Lembaga Swadaya Rakayat - Laskara Pembela Masyarakat Tertindas (LSR-LPMT) Kalteng melalui Ketua Srikandi LSRnya telah melakukan kegiatan berupa membagikan bubur Asyura kepada masyarakat dilingkungan Markas LSR dan salah satu Pesantren.


Ketua Srikandi LSR Annizya Gatis mengatakan, Sudah menjadi salah satu tradisi dan kuliner, mengiringi hari istemewa ini dengan memasak bubur Asyura untuk menu berbuka puasa sunnah yang dilakukan pada hari ke 10 bulan Muharam.


“ Alhamdulillah hari ini kita Srikandi LSR bisa membagikan bubur Asyura dimarkas LSR ,dan hasilnya nantinya akan kita bagikan ' Ucap Ketua Srikandi LSR Annizya Gatis, Sabtu 29 Agustus 2020.

Dikatakannya pula, sebanyak 200 bungkus bubur Asyura pihaknya siapkan untuk dibagikan terdiri dari 100 bungkus dibagikan  kepada masyarakat disekitar lingkungan markas LSR dan 100 bungkus lagi dibagikan kepada Pesantren Man`bau Darusslam Jalan Mendawai ujung Palangka Raya.


“ Kita berharap semoga kegiatan ini bisa bermanfaat dan yang pasti bisa mengajarkan para Srikandi LSR untuk selalu berbagi " Ujarnya.


Sementara itu Ketua Umum LSR Kalteng Agatisansyah mengatakan " Kita pasti mendukung semua kegiatan yang positif dan kalau urusan masak memasak kita serahkan pada ahlinya ( Srikandi LSR), tutupnya sambil tersenyum.