74 Prabinsa Kodim 1013/Mtw,Terima Pembekalan Tentang Konflik Sosial


Muara Teweh -MKNews- 74 orang prabinsa kodim 1013/Mtw menerima pembekalan konflik sosial dari kantor kesbangpolinmas  kabupaten Barito Utara di aula kodim setempat pada Senin (31/08).

Bertindak sebagai pemateri Plt. Kakesbangpolinmas Barito Utara, Masdulhaq didampingi sekretaris kesbangpolinmas. Dalam kesempatan tersebut, Plt. Kakesbangpolinmas Barut memberikan materi terkait arti konflik sosial, penyebab konflik sosial, jenis konflik sosial, cara menangani konflik sosial dan peran prabinsa dalam penanganan konflik sosial.
"Pada dasarnya, konflik sosial timbul karena perbedaan kepentingan. Apapun penyebabnya, negara harus hadir, agar konflik sosial dapat selesai dengan tuntas dan bermartabat. Bagaimana peran prabinsa? Sebagai aparat pemerintah, prabinsa harus mampu mengambil peran sesuai domain tugasnya. Dengan bekal kemampuan deteksi dini dan cegah dini serta  komunikasi sosial yang baik, maka prabinsa diharapkan berperan secara signifikan. Penyelesaian konflik sosial, harus berdasar pada semangat Pancasila sebagai dasar dan pandangan hidup dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam penyelesaian konflik sosial, musyawarah untuk mufakat adalah landasan yang utama", tandasnya.

Selanjutnya, kakesbangpolinmas menambahkan, di Barito Utara, konflik sosial yang sering timbul, terkait masalah lahan. Masalah lain terkait perbedaan suku, agama, ras dan golongan tidak terlalu menonjol. Kendati demikian kita harus tetap waspada  dan selalu pasang mata dan telinga  untuk deteksi dini dan cegah dini.

"Kita pegang amanah presiden,bahwa apapun masalah bangsa adalah masalah bersama. Maka, harus diperkuat sinergi antar elemen bangsa",tuturnya mengakhiri.