Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran Menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19


KOBAR -MKNews-Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 dan Kesiapan Penegakan Protokol Kesehatan Tahun 2021. Rakor diikuti Gubernur secara virtual melalui video conference dari Ruang Kerja Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Selasa (05/01/2021).

Rakor dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI) Muhammad Tito Karnavian didampingi Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19. Rakor kali ini diikuti oleh Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia.

Dalam laporannya, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan pemberian vaksin Covid-19 diberikan sebanyak 2 tahap yang diperuntukan untuk Tenaga Kesehatan. Budi Gunadi menyampaikan, untuk Bulan Januari 2021, vaksin Covid-19 diberikan kepada 526.753 tenaga kesehatan dan untuk bulan Pebruari 2021 vaksin Covid-19 diberikan kepada 1.089.340 tenaga kesehatan.

Mendagri RI Muhammad Tito Karnavian menerangkan penyuntikan pertama vaksin Covid-19 di Tingkat Pusat diperuntukan untuk Presiden RI Joko Widodo bersama para Menteri. Penyuntikan pertama yang diterima oleh Presiden beserta para Menteri bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan dan partisipasi tenaga kesehatan dan publik dalam program vaksin gratis secara bertahap.

“Juga sebagai simbol memberikan rasa aman dan meyakinkan masyarakat terhadap vaksin covid-19”, ungkap Muhammad Tito Karnavian.