Rakernis Bidang Perpustakaan,Momentum Tingkatkan Kerjasama Sinergitas

KALTENG-MKNews-Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov Kalteng) H. Nuryakin dalam sambutan pembukaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Perpustakaan Sekolah Satuan Pendidikan Menengah Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022 yang dibacakan Suhaemi, staf Ahli (Sahli) Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (KSDM), menyampaikan supaya kegiatan tahunan ini dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan kerjasama Sinergitas dengan Kabupaten/Kota baik dalam Program Kegiatan Perpustakaan Sekolah serta sinergis dengan Kebijakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk mendukung Visi dan Misi Gubernur.

Sekda Nuryakin dalam sambutannya juga menyadari peran Rakernis sangat  penting dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia di Kalimantan Tengah “Oleh karena itu saya berkomitmen memberikan dukungan baik berupa kebijakan maupun dukungan anggaran yang memadai secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah” tegasnya.

Rakernis yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah melalui Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca ini dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip dari Kabupaten dan Kota se Kalimantan tengah, dan para Kepala Perpustakaan Sekolah Tingkat Sekolah Menengah se Kalimantan Tengah, Selasa 11 Oktober 2022, di Hotel Aquarius Jl. Imam Bonjol, Palangka Raya.

Plt. Kadispursip Prov. Kalteng. Luqman Alhakim juga menyampaikan bahwa Pemerintah berkewajiban untuk menggalakkan promosi gemar membaca dengan melalui fasilitas perpustakaan dan memberikan kebijakan teknis dalam penyelenggaraan pembinaan dan pengawasan kearsipan, sehingga masyarakat menjadi semakin cerdas serta masyarakat mengetahui arti pentingnya perpustakaan dan arsip tidak hanya pada level pemeritahan saja tetapi juga sampai kepada masyarakat. “Kita juga berharap Rakernis juga menyamakan persepsi perpustakaan menjadi ruang terbuka juga bagi masyarakat untuk memperoleh solusi, dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.” Jelasnya. 

Setelah pembukaan, kegiatan Rakernis ini dilanjutkan penyerahan hadiah berbagai lomba literasi yang sudah dilaksanakan dalam rangkaian festival literasi Tahun 2022, yaitu pemilihan Duta Baca Remaja 2022, Lomba Perpustakaan Sekolah dan Lomba Desa Literasi 2022.

Secara berturut-turut, Plt. Kadispursip Prov. Kalteng, Luqman Alhakim, Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng H.A. Syaifudi dan Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah, Valentina Lovina Tanate, didapuk menjadi narasumber, memberikan materi kepada peserta Rakernis sebelum memasuki sesi diskusi per desk.

Peserta terlihat antusias mengikuti materi dari para narasumber, juga sesi diskusi dalam dua desk yang sudah disiapkan panitia yaitu : desk pengembangan perpustakaan sekolah dan pembudayaan gemar membaca.

Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca Dispursip Kalteng, Elahni Hajati SW, menjelaskan tujuan diskusi per desk ini untuk mendapatkan masukan dan solusi dari permasalahan yang sering terjadi dalam pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca, dan di akhir diskusi akan ada semacam komitmen/kesepakatan yang ditandatangani bersama untuk dilaksanakan. “Ini semua dalam kerangka besar, meningkatkan indeks Perpustakaan dan Indeks literasi di Provinsi Kalimantan Tengah, untuk KALTENG YANG MAKIN BERKAH” Tutupnya.  


Terlampir : Foto-Foto Kegiatan


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url