Mediasi Sengketa Tanah SDN-1 Desa Terinsing Belum Mencapai Titik Temu


Muara Teweh, MKNews-Upaya mediasi persoalan tanah SDN-1 Desa Teringsing antara Rahmat Hidayat ahli waris dengan Dinas Pendidikan setempat, yang difasilitasi oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Barito Utara, di ruang rapat PRKPP Kabupaten Barito Utara masih belum mencapai titik temu, Kamis 05/12/2019.

Rapat yang dipimpin Kasi Bidang sengketa sertifikat tanah Gunawan mengatakan bahwa Sekda Kabupaten Barito Utara Ir. H. Jainal Abidin, M.AP tidak bisa hadir karena sesuatu dan lain hal, maka saya berharap tidak mengurangi makna dari pada pertemuan mediasi ini.

Lebih lanjut ia mengatakan melihat dalam berita acara rapat pada saat itu Kepala Dinas Pendidikan yang melaksanakan, dan setelah melihat dari hasil rapat tersebut kelihatannya tetap menemui jalan buntu yang kemudian diserahkan ke bagian tata pemerintahan untuk ditindak lanjuti," ucapnya.

Hison selaku kuasa pendamping dari hali waris memaparkan mengingat masalah SDN-1 Desa Teringsing dari hasil diskusi dan komfirmasi selama ini baik lisan, melalui telepon seluler kami rasa belum ada kejelasan yang dapat dipertangung jawaban. Dan untuk menjadi kepastian kapan ganti rugi tanah yang dimaksud," tegas Hison.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Pertanahan Barito Utara Kosasih menjelaskan sebenarnya persoalan ini bukan mediasi, akan tetapi dalam bentuk konsultasi artinya dengan musyawarah kita mendapatkan data dan informasi menyangkut sengeta tanah di SDN-1 Desa Terinsing," jelas Kosasih.

Hal serupa di sampaikan Hamidah dari Bidang Pengendalian kantor BPN menyatakan bahwa kami bisa menerbitkan sertifikat karena adanya permohonan dari pihak Pemda Barito Utara. Jadi setelah mereka mengajukan ke pihak BPN melakukan pengecekan ke lapangan," ungkap Hamidah.

Dari Badan Pertanahan Kabupaten Barito Utara menyarankan kepada pengugat, agar masalah tersebut di bawa ke Pengadilan saja. Karena kalau melalui mediasi atau pertemuan seperti ini, kita tidak bisa memutuskan dan kami hanya memfasilitasi saja.(Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url